ILUSTRASI: Jemaah haji Babel
ILUSTRASI: Jemaah haji Babel ( IST)

Babel Perdana Jadi Embarkasi Antara Keberangkatan Haji, Kemenag Siapkan Ini

16 Mei 2022 19:57 WIB

SONORABANGKA.ID - Keberangkatan 483 jemaah haji dari Bangka Belitung (Babel) pada Tahun 2022 ini bakal berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. 


Pasalnya keberangkatan jemaah haji bakal terpusat di Bangka Belitung lantaran Babel akan perdana kali menjadi Embarkasi Antara perdana keberangkatan bagi jemaah haji asal daerahnya sendiri.


"Kalau sekarang yang ngurus kita semua, tidak lagi di Palembang, terpusat di asrama haji Babel. Sangat berbeda dari tahun sebelumnya, ini karena Embarkasi Antara di Babel," kata Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Wilayah Kementerian Agama Bangka Belitung, H Abdul Rohim, Senin (16/5/2022). 


Sebelumnya, para jemaah haji asal Bangka Belitung diberangkatkan ke Palembang terlebih dulu, lalu menginap semalam di asrama haji Palembang, kemudian baru diberangkatkan ke Arab Saudi. 


"Persiapan keberangkatan ini tentu harus matang, jadwal penerbangan dan bagasi-bagasinya. Kalau sekarang sendiri, di Palembang hanya ganti pesawat saja, dan langsung ke Mekkah, durasi perjalanan ke sana itu 9-10 jam,"ucapnya.


Pertimbangan, Babel menjadi Embarkasi Antara karena Bangka Belitung telah memiliki asrama haji yang layak dan agar dapat memangkas pelayanan perjalanan serta memberikan kenyamanan bagi para jemaah haji.

"Jemaah haji kita sudah terlalu capek kalau harus nginap di Palembang, sudah dari kampung Bangka Selatan, Bangka Barat, misalnya, nanti capek, kasian. Maka kita pangkas pelayanan perjalanan dengan adanya Embarkasi Antara ini, satu malam nginap di asrama haji kita, langsung berangkat ke Mekkah," ucapnya.


Namun untuk mengoptimalkan Embarkasi Antara ini, Kemenag Babel telah menjalin kerjasama dengan berbagai elemen yang ada di daerah. 


"Kita jalin sinergi tentunya dengan pihak bandara Angkasa Pura, KKP, kita sudah melakukan rapat juga kemarin. Dengan ini tentu dalam meningkatkan pelayanan, kalau langsung ke Palembang, beberapa instansi tidak terlibat, maka dengan ini semua pelayanan di daerah bisa dimaksimalkan,"ucapnya.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Provinsi Babel Perdana Jadi Embarkasi Antara Keberangkatan Haji, Kemenag Persiapkan Hal Ini, https://bangka.tribunnews.com/2022/05/16/provinsi-babel-perdana-jadi-embarkasi-antara-keberangkatan-haji-kemenag-persiapkan-hal-ini.

Sumberbangka pos
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm