Ilustrasi merawat rantai motor(Dok. AHM)
Ilustrasi merawat rantai motor(Dok. AHM) ( kompas.com)

Ini Efek Buruk Memakai Oli Bekas dan Penetran untuk Rantai Motor

20 Mei 2022 22:31 WIB

SONORABANGKA.ID - Meski sudah banyak tersedia produk oli khusus untuk rantai sepeda motor, tapi masih sering ditemui pengendara memilih menggunakan oli bekas.

Selain itu penggunaan cairan penetran juga marak dipakai sebagai alternatif guna melumasi rantai motor, lantaran lebih ekonomis.

Namun sayangnya, penggunaan oli bekas untuk melumasi rantai motor sangat tidak direkomendasikan. Termasuk cairan penetran.

Kepala Bengkel Honda AHASS Daya Motor Cibinong, Asep Suherman, menjelaskan menggunakan oli bekas untuk rantai kurang tepat karena beda fungsi.

Pentingnya menggunakan cairan khusus rantai bukan cuma sekadar melumasi, namun juga mereduksi panas.

“Jika kita melumasi rantai menggunakan oli bekas maka dapat mengakibatkan rantai cepat panas, karena kotoran dan debu mudah menempel dan lain sebagainya. Jadi disarankan menggunakan pelumas rantai yang sesuai peruntukan,” katanya kepada Kompas.com belum lama ini.

Sedangkan kalau menggunakan cairan penetran serba guna, Herman khawatir justru dapat membuat lapisan grease yang terdapat pada komponen gear rantai ikut larut.

Ujungnya, bisa berakibat friksi atau gesekan yang berlebih sehingga menimbulkan bunyi atau lebih parah lagi.

“Lebih baik gunakan cairan khusus sesuai peruntukannya. Karena di dalamnya terdapat zat kimia yang bukan hanya melumasi tetapi juga untuk menahan gesekan agar tidak cepat aus dan tidak mengakibatkan debu serta kotoran menempel secara berlebihan,” kata Asep.

Walau begitu, Herman tidak melarang penggunaan oli bekas, namun dengan catatan hanya digunakan saat keadaan darurat saja.

“Namun jika sifanya mendesak artinya dalam keadaan terpaksa itu semua bisa digunakan. Karena pada dasarnya lebih baik rantai terlumasi daripada tidak ada pelumasan sama sekali,” ucap Herman.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini Efek Buruk Gunakan Oli Bekas dan Penetran untuk Rantai Motor ", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/20/153100115/ini-efek-buruk-gunakan-oli-bekas-dan-penetran-untuk-rantai-motor-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm