Ilustrasi SPBU Pertamina di Jakarta(Dok. Pertamina)
Ilustrasi SPBU Pertamina di Jakarta(Dok. Pertamina) ( kompas.com)

Apa Benar Konsumsi BBM Oktan Rendah Bisa Rusak Fuel Pump?

23 Mei 2022 18:21 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Mesin berbahan bensin digerakan dengan bahan bakar dengan kadar oktan tertentu. Semakin tinggi perbandingan kompresi mesin, makin tinggi juga oktannya.

Pertalite punya nilai oktan 90, sedangkan Pertamax nilainya 92, begitu juga dengan Pertamax Turbo dengan oktan 98.

Tapi apakah oktan berpengaruh pada kerusakan fuel pump? mengingat komponen tersebut bersentuhan langsung dengan penggunaan bahan bakar.

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna mengatakan, nilai oktan pada bahan bakar minyak (BBM) tidak dapat merusak komponen fuel pump, melainkan kualitas dari BBM.

“Yang memengaruhi fuel pump bukan lah oktan, tetapi kebersihan dari bahan bakar,” ucap Suparna kepada Kompas.com, belum lama ini.

Jadi tidak ada istilahnya fuel pump rusak karena bahan bakar dengan oktan rendah. Melainkan karena membeli bahan bakar yang kualitasnya buruk, misal tidak murni.

“Kalau bahan bakarnya dicampur dengan bahan lain, misal air atau lainnya yang mengandung residu, itu yang bisa membuat fuel pump mampet,” kata Suparna.

Hal ini juga berlaku pada mobil bermesin diesel yang menggunakan solar. Bila memakai solar yang memiliki kadar residu atau sulfur tinggi, maka akan lebih cepat mampet filter fuel pump-nya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Benarkan Konsumsi BBM Oktan Rendah Bisa Rusak Fuel Pump?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/23/133100815/benarkan-konsumsi-bbm-oktan-rendah-bisa-rusak-fuel-pump-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm