Ilustrasi CEO Xiaomi, Lei Jun dan logo Xiaomi.
Ilustrasi CEO Xiaomi, Lei Jun dan logo Xiaomi. ( KOMPAS.com)

Xiaomi Resmi Gandeng Leica untuk Kembangkan Fitur Kamera

24 Mei 2022 09:56 WIB

SonoraBangka.ID - Setelah didahului berbagai rumor, Xiaomi akhirnya resmi menggandeng perusahaan kamera kenamaan asal Jerman, Leica.

Chairman dan CEO Xiaomi Group Lei Jun mengatakan bahwa kerja sama strategis ini memungkinkan kedua perusahaan untuk mengembangkan berbagai teknologi lebih lanjut terkait bidang fotografi melalui smartphone.

Pasalnya, Jun mengeklaim bahwa Xiaomi dan Leica memiliki satu tujuan yang sama di sektor fotografi mobile, yaitu memberikan pengalaman terbaik melalui teknologi maupun desain kamera.

"Xiaomi dan Leica sepakat untuk bekerja sama dan memaksimalkan kemampuan perusahaan di industrinya masing-masing. Kerja sama ini juga akan membantu Xiaomi untuk menelurkan berbagai strategi terkait fitur fotografi," jelas Jun dalam sebuah pengumuman, dikutip dari Mi.com, Senin (23/5/2022).

Hal serupa disampaikan CEO Leica Camera AG, Matthias Harsch. Menurut dia, Xiaomi dan Leica adalah dua perusahaan global yang bisa bekerja sama untuk menghadirkan era baru dalam mobile photography.

"Sebuah kebanggaan bisa bekerja sama dengan Xiaomi. Kami yakin bahwa dengan kerja sama ini, Xiaomi dan Leica akan menjadi pionir di industrinya masing-masing di bidang mobile photography," imbuh Matthias di pengumuman yang sama.

Rencananya, ponsel pertama hasil kolaborasi Xiaomi dan Leica bakal meluncur pada Juli mendatang.

Xiaomi tidak menyebut tanggal pasti dan ponsel apa yang akan diluncurkan. Namun, perangkat tersebut konon merupakan Xiaomi 12 Ultra, yang bakal hadir sebagai suksesor Mi 11 Ultra yang diperkenalkan tahun lalu.

Bahkan, rumor desain punggung Xiaomi 12 Ultra, yang kamera belakangnya sudah dihiasi dengan logo "Leica", sudah menyeruak di dunia maya belum lama ini.

Bocoran tampang yang digadang-gadang sebagai varian tertinggi Xiaomi 12 Series ini, yang hadir dalam render 3D bikinan ilustrator kenamaan Technizo Concept, pertama kali dikuak oleh situs teknologi asal Belanda, Let's Go Digital.

Ini bukan kali pertama, Leica menggandeng perusahaan smartphone asal China. Leica sendiri sebelumnya sempat bekerja sama dengan Huawei untuk meluncurkan smartphone kamera mumpuni di seri flagship Huawei, salah satunya adalah Huawei P50 Series.

Namun, kerja sama dengan Huawei, yang telah terjailin selama kurang lebih lima tahun,  diputuskan berakhir pada pertengahan 2021 lalu.

Kala itu, banyak rumor berseliweran bahwa Xiaomi akan menjadi pengganti Huawei, dan kabar tersebut memang benar lantaran kini telah dikonfirmasi oleh Xiaomi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Xiaomi Resmi Gandeng Leica untuk Kembangkan Fitur Kamera", Klik untuk baca: https://tekno.kompas.com/read/2022/05/23/14300067/xiaomi-resmi-gandeng-leica-untuk-kembangkan-fitur-kamera.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm