Peluncuran fasilitas pembelajaran elektrifikasi di Indonesia, xEV Center milik TMMIN(DOK. TMMIN)
Peluncuran fasilitas pembelajaran elektrifikasi di Indonesia, xEV Center milik TMMIN(DOK. TMMIN) ( kompas.com)

Menuju Era Kendaraan Listrik, Indonesia Harus Memiliki SDM yang Kompeten

27 Mei 2022 22:42 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Ketersediaan sumber daya alam (SDA) merupakan salah satu keunggulan Indonesia untuk dapat menjadi pemain utama dalam era kendaraan listrik atau elektrifikasi.

Hanya saja, hal tersebut dinilai tidak cukup untuk membuat Tanah Air bisa independent atau terlepas dari ketergantungannya dengan negara lain di dalam proses manufaktur alias produksi.

Direktur Corporate Affairs Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam menyatakan, sumber daya manusia (SDM) yang kompeten juga perlu diperhatikan supaya penciptaan ekosistem mobil listrik optimal seraya berkesinambungan.

"Karbon netral ini keniscayaan, bahwa yang menjadi drivers ekonomi ke depan itu karbon netral. Itu sudah pasti, persoalannya kita ingin menjadi pemenang," kata dia belum lama ini.

"Untuk menjadi pemenang kita harus siap, tidak cukup itu mengandalkan natural resources, tapi juga SDM. Jangan malah menjadi fire back nanti," lanjut Bob.

Perkembangan SDM juga bisa membuat nilai tambah Indonesia dalam era elektifikasi semakin baik. Kemudian, berbagai inovasi pun memungkinkan untuk tercipta seperti konversi.

Persiapan SDM sendiri, bisa dikembangkan melalui kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan industri terkini seperti baterai. Sebab informasi itu kini cuma bisa diakses secara daring dari India.

Tak sampai di sana, upaya memberdayakan akademisi dan meningkatkan SDM lokal juga bisa dilakukan melalui seminar nasional mengenai karbon netral.

"Electric vehicle itu hanya alat saja, tapi payung besarnya karbon netral. Jadi, kita perkenalkan kendaraan electric untuk menstimulus mahasiswa agar mulai berpikir tentang hal tersebut," kata Bob.

"Sehingga, orang kita bisa disiapkan lebih cepat lagi dan kita bisa ambil manfaat dari era elektrifikasi itu, bukan menjadi korban (konsumen)," tambah dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menuju Era Kendaraan Listrik, Indonesia Harus Punya SDM yang Kompeten", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/27/181100515/menuju-era-kendaraan-listrik-indonesia-harus-punya-sdm-yang-kompeten.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm