Ilustrasi hepatitis akut pada anak
Ilustrasi hepatitis akut pada anak ( Sumber: pixabay.com)

Waspada Droplet! Bisakah Hepatitis Akut Misterius Menular Lewat Udara?

28 Mei 2022 09:36 WIB

SonoraBangka.id - Hepatitis akut misterius di masa awal kemunculan, dikatakan bahwa penyakit ini bisa ditularkan melalui makanan.

Istilah medisnya adalah fekal-oral, yaitu rute infeksi dari partikel tinja seseorang yang berpindah ke mulut orang lain.

Gambarannya, bila tinja (feses) orang yang terinfeksi mencemari makanan, lalu kita memakan makanan tersebut lewat mulut, kita berpeluang tertular.

Tapi, dalam perkembangannya, ternyata penularan penyakit ini bisa juga lewat udara (droplet dan aerosol) seperti Covid-19.

Tentu saja berita ini bikin kita sebagai orangtua jadi resah. Karena, kalau lewat udara, penularan bakal lebih cepat, dong. Apalagi anak-anak yang jadi sasarannya, senang bermain bersama teman-teman.

Namun, jangan hanya berdiam diri dalam kecemasan, Sahabat NOVA. Alangkah baiknya jika kita mengetahui bagaimana proses transmisi atau penularan hepatitis akut misterius, sebagai langkah mawas diri melindungi si kecil.

Supaya tak kembali merasa dihantui dengan berbagai ketidakpastian, kita perlu tahu apakah hepatitis akut misterius ditularkan melalui droplets dan aerosol di udara persis seperti kasus Covid-19?

Lalu, seberapa besar peluang penularan di udara? Dan bagaimana gejalanya jika terinfeksi?

Agar tidak menerka-nerka, mari kita simak penjelasan dari dr. Ade Rachmat Yudiyanto, Mked(Ped), SpA(K)., dari Unit Kerja Koordinasi Gastro Hepatologi IDAI., terkait pola penularan hepatitis akut misterius melalui udara.

1. Bagaimana pola penularan hepatitis akut misterius lewat udara?

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm