Ilustrasi rujak cingur khas Surabaya.
Ilustrasi rujak cingur khas Surabaya. ( SHUTTERSTOCK/MISBACHUL MUNIR)

Gunakan Pisang Batu, Berikut Cara Mmebuat Rujak Cingur Khas Surabaya

4 Juni 2022 14:36 WIB

SonoraBangka.id - Rujak cingur merupakan makanan tradisional khas Kota Surabaya, bahan utamanya yaitu cingur atau moncong sapi. Bahan lain rujak cingur adalah sayuran, tempe goreng, tahu goreng, dan terkadang ditambah kikil sapi. Bumbu rujak cingur terbuat dari kacang tanah, gula merah, bawang putih, air asam jawa, cabai rawit, pisang batu, dan petis udang yang gurih. Bumbu tersebut dihaluskan menggunakan ulekan. Dikutip dari Bobo.grid.id, pisang batu ditambahkan untuk mencegah sakit perut (diare) karena rujak memiliki rasa pedas dan asam. Kamu bisa mencoba membuat rujak cingur di rumah mengikuti resep dari buku "30 Menu 2 Hidangan - Masakan Jawa Timur" (2010) karya Dewi Untari terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

Resep rujak cingur

Bahan:

100 gram kangkung tanpa batang

100 gram taoge, siangi

250 gram cingur sapi

Tempe goreng secukupnya, potong dadu

Tahu goreng, secukupnya, potong dadu

200 gram kikil sapi

100 gram lontong

Bumbu kacang:

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm