Ketua Komisi IV DPRD Babel, Marsidi H Satar
Ketua Komisi IV DPRD Babel, Marsidi H Satar ( Istimewa)

Pastikan Bantuan Tepat Sasaran, Komisi IV DPRD Babel Lakukan Kunjungan Lapangan

6 Juni 2022 15:48 WIB
SONORABANGKA.ID - Komisi IV DPRD Kepulauan Bangka Belitung berkunjung ke Yayasan Ulul Albab Hisada Pesantren Darushola Empat, di jalan TK Lama Desa Merawang kecamatan Merawang Kabupaten Bangka, Jumat (03/06/2022).
 
Kunjungan tersebut dilakukan guna memastikan bantuan bahwa dana hibah telah tepat sasaran.
 
Ketua Komisi IV DPRD Bangka Belitung, H. Marsidi H Satar mengatakan, tujuan kunjungan lapangan ini untuk silahturahmi dan memastikan terkait bantuan dana hibah tahun 2022 sebesar Rp. 350 juta rupiah.
 
"Yayasan ini, untuk tahun ini InsyaAllah tidak berubah tidak recofusing mendapatkan bantuan anggaran sebesar 350 juta, dan ini tolong dijemput bola, secara teknisnya komunikasi kan terus dengan Biro Kesra," kata Marsidi H Satar.
 
Untuk itu, katanya, setiap anggaran yang dikeluarkan dari APBD itu harus ada pertanggungjawaban dan dipergunakan sesuai dengan kebutuhan dan ketentuan yang telah ditetapkan.
 
Pergunakan uang apbd yakni uang rakyat agar dapat dipergunakan semaksimal mungkin untuk kepentingan umat, katanya, bahwa Kepentingan umat harus diprioritaskan.
 
"Nanti jangan sampai tidak ada outcome nya, dengan telah dibantu oleh Pemprov ini ketika dibantu ada perubahan ke arah yang lebih baik untuk kepentingan umat, yang tadi santrinya sedikit menjadi lebih meningkat, keinginan kita dibantu itu berkembang, jangan sampai dibantu tapi tidak berkembang. Yang terpenting dibangun itu ada asas manfaatnya untuk kepentingan umat," harapnya.
 
Pada kesempatan yang sama, Heryawandi anggota Komisi IV DPRD Babel, mengatakan, kedatangan komisi IV ke Yayasan untuk memastikan agar bantuan tersebut dapat tepat sasaran.
 
"Hari ini, setelah dianggarkan, kita ingin memastikan yang dapat dana bantuan ini benar-benar layak," pungkasnya.
 
Tak hanya itu, ia menyarankan, kedepan, agar setiap Pondok Pesantren dapat menjadi Pesantren yang mandiri, menurutnya, dengan membangun kekuatan ekonomi, seperti memanfaatkan lahan yang dimiliki pesantren dapat dimanfaatkan sebagai penopang ekonomi dan operasional pesantren tersebut.
 
"Kedepan, harus dipikirkan tentang kemandirian pengelolaan yayasan ini, yayasan punya luas lahan bisa untuk berkebun, santri nya bisa maksimal belajar dan praktek pertanian dan kebunnya bisa menghasilkan untuk membiayai operasional yayasan/sekolahnya," sarannya.
Sementara itu, Pengurus Yayasan Ulul Albab Hisada, yang dihadiri langsung oleh
 
Ketua pembina yayasan Shari dan Ketua Pesantren Darushola Empat, Moholil, menyambut baik dan mengapresiasi atas kunjungan dan silahturahmi dan perjuangan dari Komisi IV DPRD Babel.
 
"Mudah-mudahan dana dari pemerintah itu cepat cair dan itu semua tidak terlepas berkat perjuangan dari dewan di komisi IV semua. jadi kami mengucapkan ribuan Terima kasih. Mudah-mudahan silahturahmi dan bantuan ini terjalin lebih baik dan bermanfaat bagi para santri dan masyarakat," kata, Ketua Pesantren Darushola Empat, Moholil.
 
Sekedar informasi, Diakui pihak Yayasan Ulul Albab Hisada, bahwa belum pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah.
 
Yayasan dan pesantren yang dibangun diatas lahan sekitar (3) tiga hektare, dengan jumlah santri yang belajar di TPA berjumlah sekitar 80 santri dan 29 santri di Pesantren.
 
" Kalo lahan Pesantren nya itu kurang lebih tiga hektare, rencananya dana bantuan itu untuk membangun gedung sekolah Madrasah Sanawiah (MTS) untuk menunjang pendidikan formalnya dibawah naungan yayasan Ulul Albab Hisada," tuturnya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm