Nur, pedagang cabai di Pasar Toboali Bangka Selatan, merapikan dagangannya, Rabu (8/6/2022)
Nur, pedagang cabai di Pasar Toboali Bangka Selatan, merapikan dagangannya, Rabu (8/6/2022) ( )

Keluhan Pedagang Cabai di Pasar Toboali, Sepi Pembeli Karena Harga Cabai Tinggi

8 Juni 2022 16:02 WIB

SONORABANGKA.ID - Hampir 1 pekan terakhir, harga cabai rawit di Pasar Toboali Kabupaten Bangka Selatan mencapai Rp140 ribu per kilogram dan cabai merah Rp80 ribu per kilogram.

Berdasarkan pantauan Bangkapos.com, para pedagang cabai terlihat sepi pembeli akibat adanya kenaikkan harga cabai di Pasar Toboali.

Seorang pedagang cabai, Nur, menyebutkan akhir-akhir ini pembeli cabai mulai menurun.

"Ada penurunan untuk pembeli cabai, biasanya mereka beli setengah kilogram, sekarang hanya beli satu ons saja,"ujar Nur sembari memilih cabai saat ditemui Bangkapos.com, Rabu (8/6/2022).

Pedagang yang berjualan dari pagi hingga sore ini menyebut, meskipun harga cabai rawit dan merah mengalami kenaikan namun dirinya tidak banyak mengambil untung dari penjualan.

"Harga cabai rawit sekarang kami jual Rp140 ribu per kilogram, cabai merah Rp80 ribu, sehingga sangat berpengaruh bagi kami penjual cabai,"katanya. 

Ia juga mengungkapkan cabai yang dijual berasal dari luar Pulau Bangka dan sebagian dari Bangka.

"Kebanyakan dari Lampung kita ambil cabai. Tapi kalau sekarang tidak berani ambil banyak, karena harga masih mahal dan pembeli sepi," kata Nur

Sementara itu Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perindagkop Bangka Selatan, Toni Pratama, menuturkan, kenaikan harga cabai lantaran pengaruh dari cuaca dan keterlambatan pengiriman.

"Sudah kita cek ke pasar, memang benar harga cabai naik.Penyebabnya karena cuaca dan lambatnya proses pengiriman, terutama cabai berasal dari luar Bangka,"tambah Ton.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Pedagang Cabai di Pasar Toboali Mengeluh Sepi Pembeli Akibat Harga Cabai Tinggi, https://bangka.tribunnews.com/2022/06/08/pedagang-cabai-di-pasar-toboali-mengeluh-sepi-pembeli-akibat-harga-cabai-tinggi.

Sumberbangka pos
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm