Ilustrasi teknologi e-Smart Hybrid(paultan.org)
Ilustrasi teknologi e-Smart Hybrid(paultan.org) ( kompas.com)

Mengenal Teknologi Hybrid yang Banyak Dilirik Oleh Pabrikan Mobil

10 Juni 2022 19:47 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Teknologi hibrida alias hybrid pada mobil secara sederhana bisa dibilang sebagai perpaduan antara dua jenis sumber tenaga, yaitu mesin dan motor listrik.

Dengan melakukan perpaduan tersebut diharapkan laju kendaraan lebih bertenaga, hemat bahan bakar, dan minim emisi.

Tapi sebenarnya, teknologi hybrid pada mobil tidak sesederhana itu. Sistem kerjanya melibatkan berbagai komponen yang saling berkesinambungan dalam menjaga efektivitas kerja kedua sumber tenaga tersebut.

Bahkan, berdasarkan rangkaian cara kerjanya, teknologi hybrid pada mobil memiliki beberapa jenis.

Secara umum, ada 4 jenis mesin hybrid yaitu mild hybrid, serial hybrid, paralel hybrid dan serial-paralel hybrid. Meski, komponen utamanya selalu sama yaitu berupa mesin konvensional, motor listrik, dan baterai.

Mild hybrid

Berdasarkan keterangan yang diambil dari situs resmi Toyota Irlandia, komponen mild hybrid sama saja dengan hybrid. Hanya saja yang menjadi pembeda adalah motor listrik yang terpasang tidak mampu menjadi sumber tenaga tunggal pada suatu kendaraan.

Hal ini disebabkan mild hybrid dibekali baterai yang jauh lebih kecil dari pada full hybrid, yaitu hanya sekitar 48 volt. Baterai sekecil ini tentu saja tidak akan mampu menggerakkan mobil sendirian. Meski demikian baterai tersebut bisa menambah tenaga bersamaan dengan mesin konvensional ketika mobil  melakukan akselerasi atau awal jalan.

Nah, mobil yang mengadopsi mild hybrid pada saat ini cukup banyak, satunya adalah Suzuki Ertiga Hybrid yang sedang diluncurkan hari ini. Selain itu juga ada, Audy A6 Hybrid 2012, Honda CR-Z 2007, Suzuki Baleno SHVS 2016, Renault Scenic Hybrid Assist 2017, Peugeot 508 RXH 2014, Audi A6 Hybrid 2012 dan lain sebagainya.

Serial hybrid

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm