Ilustrasi bersepeda
Ilustrasi bersepeda ( DragonImages )

3 Jenis Olahraga yang Aman untuk Pasien Diabetes

24 Juni 2022 09:30 WIB

Bangkasonora.ID - Ada beragam cara untuk mencegah diabetes adalah dengan menjaga pola hidup sehat dengan mengatur menu makanan dan rajin berolahraga. 

Rajin berolahraga dibutuhkan oleh pasien diabetes supaya karbohidrat yang dikonsumsi tidak berubah menjadi gula. 

Menurut Kemenkes RI, jumlah maksimal konsumsi gula yang dianjurkan untuk pasien diabetes, yaitu tidak lebih dari 4 sendok makan per hari. 

Asupan gula yang dimaksud berasal dari segala macam bentuk makanan yang mengandung glukosa, seperti gula pada umumnya, makanan manis, bahkan karbohidrat. 

Artinya, selain mengurangi asupan karbohidrat dengan memilih karbohidrat kompleks, seorang pasien diabetes harus berolahraga untuk mengontrol gula darah. 

Tak hanya itu, olahraga juga meningkatkan kinerja insulin, sehingga mendukung keberhasilan pengobatan pada pasien diabetes.

Nah, berikut ini beberapa jenis olahraga yang aman dan bisa dilakukan oleh pasien diabetes

1. Bersepeda

Dilansir dari Alodokter.com, rutin bersepeda dapat menurunkan risiko penyakit kronis, seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan stroke.

Menurut penelitian, bersepeda 30 menit per hari yang dikombinasikan dengan membatasi asupan kalori akan mendapat hasil yang setara dengan mengikuti kelas aerobik tiga kali seminggu.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm