Ilustrasi
Ilustrasi ( ltmptofficial)

Bingung Apa Perbedaan SNMPTN dan SBMPTN? Ini Penjelasannya

24 Juni 2022 12:05 WIB

SONORABANGKA.ID - Diterima di universitas ternama memang menjadi cita-cita bagi banyak orang, terlebih bagi siswa kelas 12 yang ingin meneruskan jenjang pendidikan ke perguruan tinggi.

Jika perguruan tinggi yang kamu impikan adalah perguruan tinggi negeri, maka kamu harus mengikuti jalur masuk yang disediakan oleh Lembaga Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPT).

Dua jalur yang bisa kamu ikuti adalah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Lantas, Apa perbedaan kedua jalur masuk tersebut?

Seperti diketahui, perbedaan SNMPTN dan SBMPTN SNMPTN lebih akrab dikenal dengan sebutan jalur undangan.

Disebut begitu karena jalur ini hanya dapat diikuti oleh siswa kelas 12 SMA/MA/SMK di tahun yang sama dengan diselenggarakannya SNMPTN.

Seleksi SNMPTN menggunakan akumulasi nilai rapor siswa selama 5 semester.

Hanya siswa berprestasi saja yang dapat mengikuti seleksi ini. Sementara itu, SBMPTN adalah jalur tes yang diikuti oleh seluruh calon mahasiswa, baik lulusan tahun itu atau lulusan tahun sebelumnya.

Karena pesertanya lebih banyak dan soal yang diujikan sulit, SBMPTN menjadi jalur yang ditakuti oleh banyak siswa.

SNMPTN lebih diminati karena saingannya hanya anak-anak satu angkatan dan tidak perlu mengikuti tes tertulis lagi untuk memasuki universitas idaman.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm