Justin Bieber menderita Ramsay Hunt Syndrome. Inilah perbedaan Ramsay Hunt Syndrome dengan Bells' Palsy
Justin Bieber menderita Ramsay Hunt Syndrome. Inilah perbedaan Ramsay Hunt Syndrome dengan Bells' Palsy ( instagram.com/justinbieber)

Bisa Sembuh Total, Ini Langkah-Langkah Pengobatan Sindrom Ramsay Hunt

25 Juni 2022 10:45 WIB

SonoraBangka.id - Ketika mengalami beberapa gejala yang mengarah pada sindrom Ramsay Hunt, segeralah dapatkan pengobatan.

Beberapa gejala sindrom Ramsay Hunt adalah ruam merah dengan lepuh berisi casiran di dalam atau sekitar telinga.

Bisa juga ada kelumpuhan sebagian wajah pada sisi yang sama dengan telinga yang sakit.

Biasanya, ruam dan kelumpuhan wajah terjadi secara bersamaan atau bersela.

Bisa sakit pada telinga namun tidak ada ruam.

Selain itu, kita juga bisa mengalami gangguan pendengaran, telinga berdengung, kesulitan menutup satu mata, vertigo, serta mulut dan mata kering.

Perawatan yang dimulai dalam waktu tiga hari sejak awal tanda dan gejala dapat membantu mencegah komplikasi jangka panjang.

Asal tahu saja, pengobatan sindrom Ramsay Hunt sedini mungkin bisa mengurangi risiko komplikasi, seperti kelemahan otot wajah permanen dan tuli.

Menurut Prof. Zubairi Djoerban dalam akun Twitter-nya, obat valacyclovir jadi obat yang canggih dan diklaim ampuh dalam pengobatan sindrom Ramsay Hunt.

“Jadi ada tiga pilihan, acyclovir, famciclovir, dan valacyclovir. Dari pengalaman saya, valacyclovir lebih baik ditambah obat steroid (seperti prednison). Kombinasi itu membuat penyembuhan lebih cepat,” tulisnya dalam akun @ProfesorZubairi.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm