Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo ( (DOKUMENTASI BANK INDONESIA))

R&I Pertahankan Rating Utang RI, BI: Stabilitas Ekonomi Indonesia Terjaga

6 Juli 2022 07:49 WIB

SonoraBangka.ID - Lembaga Pemeringkat Rating and Investment Information, Inc. (R&I) kembali mempertahankan Sovereign Credit Rating Indonesia pada BBB+ (Investment Grade) dengan outlook stabil pada 4 Juli 2022.

Keputusan ini mempertimbangkan terjaganya stabilitas eksternal Indonesia yang didukung oleh pemulihan ekonomi dan perbaikan postur fiskal.

Selain itu, R&I melihat kebijakan moneter Indonesia masih memiliki ruang di tengah inflasi yang meningkat secara gradual dan perbaikan fiskal didukung kenaikan harga komoditas.

Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo mengatakan, hal tersebut menunjukkan pemangku kepentingan internasional tetap memiliki keyakinan yang kuat atas terjaganya stabilitas makroekonomi dan prospek ekonomi jangka menengah Indonesia.

Meskipun di tengah ketidakpastian ekonomi global yang masih tinggi, peningkatan risiko stagflasi seiring kenaikan suku bunga kebijakan secara global di tengah ekonomi yang baru pulih, dan makin luasnya kebijakan proteksionisme oleh berbagai negara.

"Hal ini didukung oleh kredibilitas kebijakan yang tinggi serta sinergi bauran kebijakan yang kuat antara Bank Indonesia dan pemerintah," ujar Perry dalam keterangan tertulis, Senin (5/7/2022).

Dia melanjutkan, BI akan terus mencermati perkembangan ekonomi dan keuangan global dan domestik, merumuskan dan melaksanakan langkah-langkah yang diperlukan untuk memastikan stabilitas makroekonomi dan stabilitas keuangan.

"Termasuk menyesuaikan stance kebijakan bila diperlukan, dan terus memperkuat sinergi dengan pemerintah untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional," ucapnya.

R&I memperkirakan ekonomi Indonesia akan tumbuh kuat

Sementara untuk meredam dampak kenaikan harga komoditas global terhadap inflasi, pemerintah telah menaikkan alokasi subsidi dan belanja sosial yang akan dibiayai melalui peningkatan penerimaan seiring dengan tingginya harga komoditas.

R&I memperkirakan ekonomi Indonesia akan tumbuh kuat pada 2022, di mana pemerintah memproyeksikan pertumbuhan PDB akan berada pada kisaran 4,8-5,5 persen pada 2022.

R&I sebelumnya mempertahankan Sovereign Credit Rating Republik Indonesia pada BBB+ dengan outlook stabil pada 22 April 2021.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "R&I Pertahankan Rating Utang RI, BI: Stabilitas Ekonomi Indonesia Terjaga", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2022/07/05/083000626/r-i-pertahankan-rating-utang-ri-bi--stabilitas-ekonomi-indonesia-terjaga.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm