Servis motor Honda di rumah dengan layanan Home Service(Dok. DAM)
Servis motor Honda di rumah dengan layanan Home Service(Dok. DAM) ( kompas.com)

Mana Yang Lebih Tepat, Ganti Oli Motor Berdasarkan Waktu atau Jarak Tempuh

8 Juli 2022 18:08 WIB

SONORABANGKA.ID - Melaksanakan Ritual ganti oli mesin jadi menu wajib dalam perawatan sepeda motor. Kalau tidak dilakukan, efeknya bisa membuat kantong jebol.

Fungsi oli sebagai pelumasan sangat penting agar tiap komponen yang ada di dalam mesin bisa terlindungi dari gesekan.

Namun demikian, pergantian oli juga wajib dilakukan walau motor jarang digunakan. Pasalnya kalau terlalu lama bisa mengalami oksidasi, yakni pengendapan yang berubah bentuk jadi kristal dan butiran kecil pada dinding blok mesin.

Kepala Bengkel Yamaha Mataram Sakti Setyabudi Semarang Hari Santoso mengatakan, untuk pergantian oli mesin baiknya tetap dilakukan tiap jarak tempuh mencapai 3.000 kilometer (Km). Sementara untuk motor yang jarang digunakan bisa berdasarkan waktu.

"Pergantian oli mesin, sesuai anjuran pabrikan berdasarkan jarak tempuh Yamalube 3.000 km. Bila mootor jarang dipakai bisa mengganti oli mesin tiap 6 bulan sekali," kataHari, kepada Kompas.com, Kamis (7/7/2022).

Lebih lanjut Hari menjelaskan, motor baru produksi Yamaha telah dilengkapi reminder waktu ganti oli pda instrumen speedometer. Fitur tersebut akan menyala kalau pemilik motor telat atau lupa jadwal servis berkala. 

"Reminder pergantian oli speedometer menunjukan oil change atau jadwal oli perlu diganti," ucapnya. 

Menurut Hari, motor yang jarang digunakan juga tak boleh asal dibiarkan. Tetap saja perawatan dalam hal ganti pelumas perlu dilakukan. 

"Jarang dipakai, jarak tempuh tidak tercapai sebaiknya 6 bulan tetap diganti karena oksidasi oli. Dilihat dari fisik dan kualitas masih bagus tapi lebih aman diganti," tutur Hari.

Demikian juga diungkapkan Kepala Bengkel Honda Nusantara Sakti Penggaron Rofiudin yang menjelaskan, telat melakukan pergantian oli mesin bakal berisiko menimbulkan sludge di bagian kepala silinder.

"Sisa penguapan oli mesin menyebabkan sludge. Jika tidak dibersihkan berisiko menghambat aliran oli karena lubang yang merupakan jalur oli tertutup oleh kotoran tersebut," kata Rofiudin.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mana Lebih Tepat, Ganti Oli Motor Berdasarkan Waktu atau Jarak Tempuh", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/07/08/093100115/mana-lebih-tepat-ganti-oli-motor-berdasarkan-waktu-atau-jarak-tempuh.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm