Kegiatan pemotongan hewan kurban di halaman Masjid Al Huda Lingkungan Kampung Jawa Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka, Minggu (10/7/2022).
Kegiatan pemotongan hewan kurban di halaman Masjid Al Huda Lingkungan Kampung Jawa Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka, Minggu (10/7/2022). ( )

Melalui Arisan Hewan Kurban, Masjid Al Huda Sungailiat Sembelih 3 Sapi dan 4 Kambing

10 Juli 2022 16:49 WIB

SONORABANGKA.ID - Masjid Al Huda Lingkungan Kampung Jawa, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, melaksanakan pemotongan hewan kurban pada Minggu (10/7/2022).

Sebanyak 3 sapi dan 4 kambing disembelih di halaman masjid. Hewan kurban yang disembelih itu merupakan hewan kurban dari hasil arisan kurban.

"Yah kita memang melaksanakan arisan hewan kurban bagi warga jadi setiap bulan mereka menyetor uang selama 10 bulan yang nantinya kita belikan hewan kurban untuk disembelih saat Idul Adha,"ujar Suherman Ketua Masjid Al Huda kepada Bangkapos.com.

Kegiatan pemotongan hewan kurban dalam rangka Hari Raya Idul Adha digelar di halaman Masjid Al Huda digelar setelah warga melaksanakan Sholat Ied Idul Adha.

Selanjutnya usai salat Ied Idul Adha panitia menyiapkan pelaksanaan pemotongan hewan kurban.

Sebelum dipotong hewan kurban di Masjid Al Huda lebih dulu sudah diperiksa oleh utusan Dinas Peternakan Kabupaten Bangka.

Sebanyak 3 sapi dan 4 kambing yang  disembelih dinyatakan boleh dikonsumsi daging serta bagian kepala dan kakinya karena tidak tertular Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Memang hewan kurban di Masjid Al Huda merupakan hewan ternak lokal.

Dibeli dari daerah pedesaan merupakan ternak warga.

"Jadi untuk sapi setelah uang arisan kurban terpenuhi selanjutnya kita mencarikan sapi peliharaan ternak di desa bukan sapi datangan yang dijual selain itu tadi sudah dipastikan tidak terjangkit PMK dan layak dikonsumsi,"ujar Suherman.

Setelah seluruh hewan kurban disembelih kemudian panitia memasukkan daging kedalam kantong kantong. Daging kurban lalu didistribusikan kepada warga yang berhak di lingkungan Kampung Jawa dan sekitarnya.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Lewat Arisan Hewan Kurban, Masjid Al Huda Sungailiat Sembelih 3 Sapi dan 4 Kambing, https://bangka.tribunnews.com/2022/07/10/lewat-arisan-hewan-kurban-masjid-al-huda-sungailiat-sembelih-3-sapi-dan-4-kambing.

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm