Tiram
Tiram ( Sajian Sedap)

Ini Penjelasan Apakah Aman Makan Tiram Mentah?dan Cara Memasak Tiram agar Aman

13 Juli 2022 17:00 WIB

Bangkasonora.ID - Apakah teman-teman termasuk penggemar makanan laut? Salah satu hidangan laut yang cukup populer adalah tiram mentah atau oysters.

Tiram mentah ini tinggal diberi perasan air lemon dan langsung dimakan. Namun, meskipun enak, ternyata makan tiram mentah juga berisiko terkena Norovirus, lo.

Penyebabnya adalah kontaminasi laut oleh kegiatan manusia. Oleh karena itu, beberapa orang dengan daya tahan tubuh rendah pasti merasakan sakit setelah mengonsumsi tiram mentah.

Berikut, penjelasan lebih lanjut mengenai tiram mentah yang mengandung kontaminasi Norovirus. 

Bagaimana Cara Mengetahui Tiram Mentah Mengandung Virus? 

Norovirus adalah jenis virus yang menyebabkan masalah penyakit pada perut, sehingga menyebabkan pasiennya mengalami gejala muntah, diare, dan peradangan pada sistem pencernaan.

Selain itu, tiram juga tidak bisa diidentifikasi langsung, apakah mengandung Norovirus atau tidak.

Selain virus, teman-teman juga harus mewaspadai adanya bakteri, yaitu Vibrio parahaemolyticus dan Vibrio vulnificus, yang juga menyebabkan masalah pencernaan.

Bahkan, beberapa tiram mentah mengandung bakteri Salmonella dan juga virus hepatitis A. 

Bagaimana Tiram Mentah Bisa Terkontaminasi? 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm