Nintendo Tokyo.
Nintendo Tokyo. ( (SHUTTERSTOCK/INFANTRYDAVID))

Nintendo Akuisisi Studio Animasi Pembuat Death Stranding dan Persona 5

15 Juli 2022 16:15 WIB

SonoraBangka.ID - Perusahaan game asal Jepang, Nintendo, mengakuisisi perusahaan animasi Dynamo Pictures. Manuver bisnis ini diumumkan Nintendo dalam sebuah dokumen akuisisi yang diunggah di blog resmi Nintendo Jepang (nintendo.co.jp).

Dalam dokumen itu, disebutkan bahwa Nintendo bakal membeli 100 persen saham Dynamo Pictures yang bernilai 34,5 juta yen atau sekitar Rp 3,7 miliar.

Rencananya, transaksi pembelian Dynamo Pictures oleh Nintendo bakal rampung pada 3 Oktober 2022 mendatang.

Setelah transaksi selesai, maka Nintendo berencana mengganti nama Dynamo Pictures menjadi Nintendo Pictures. Adapun perusahaan tersebut nantinya bakal fokus di pembuatan konten animasi orisinal yang dibuat oleh Nintendo.

Belum bisa dipastikan jenis konten animasi seperti apa yang nantinya bakal diproduksi Nintendo.

Namun yang jelas, Nintendo memiliki sejumlah produk orisinal yang sudah populer seperti Mario, Kirby, The Legend of ZeldaDonkey Kong, Star Fox, hingga Animal Crossing.

Artinya, ada kemungkinan bakal ada serial atau film animasi yang melibatkan karakter-karakter atau IP dari Nintendo yang disebutkan di atas, sebagaimana dirangkum dari TechCrunch, Jumat (15/7/2022).

Dengan begitu di masa depan, Nintendo tak perlu lagi menggandeng berbagai rumah produksi animasi untuk membuat konten visual buatan sendiri, seperti yang mereka lakukan belum lama ini dengan studio animasi Illumination.

Lewat kerja sama dengan studio yang berada di bawah naungan Universal Studios tersebut, Nintendo diketahui berencana bakal merilis film animasi yang diadaptasi dari IP Super Mario Bros pada April 2023 mendatang.

Nintendo bakal terjun ke dunia hiburan

Dengan lahirnya Nintendo Pictures, maka Nintendo akan terjun ke dunia hiburan animasi setelah puluhan tahun mereka fokus di industri game. 

Ini bukan pertama kalinya perusahaan game merambah ke industri hiburan khususnya animasi. Sebelumnya, Sony sudah lebih dulu berbisnis di dunia yang melibatkan serial TV, film, dan konten visual tersebut.

Hal ini terlihat dari rencana mereka yang bakal merilis sejumlah serial TV yang diadaptasi dari game atau IP yang dimiliki Sony. Beberapa di antaranya mencakup Twisted Metal, The Last of Us, Ghost of Tsushima, dan masih banyak lagi.

Terkait Dynamo Pictures yang diakuisisi Nintendo, perusahaan yang dirintis pada 2011 ini juga bukan merupakan perusahaan animasi biasa. Ada sejumlah karya Dynamo Pictures mungkin sudah tak asing lagi di kalangan gamer.

Beberapa karya perusahaan animasi tersebut mencakup Pikmin, Ghost in the Shell SAC_2045, Death Stranding, Monster Hunter: World, Final Fantasy XIII-2, Persona 5, Yuri on Ice, Earwigh and the Witch, dan masih banyak lagi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Nintendo Akuisisi Studio Animasi Pembuat Death Stranding dan Persona 5", Klik untuk baca: https://tekno.kompas.com/read/2022/07/15/16000007/nintendo-akuisisi-studio-animasi-pembuat-death-stranding-dan-persona-5?page=all#page2.

SumberKOMPAS.com
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm