Cek sistem pengereman sebelum berangkat mudik(Brembo)
Cek sistem pengereman sebelum berangkat mudik(Brembo) ( kompas.com)

Mana yang Lebih Pakem, Apakah Rem Mobil Konvensional atau ABS?

21 Juli 2022 19:00 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Teknologi pada kendaraan semakin canggih. Hal itu tentu membawa manfaat bagi pengendara. Pasalnya, hampir setiap teknologi yang tercipta mempunyai keunggulan serta meningkatkan kualitas berkendara.

Mulai sisi performa, kenyamanan, serta keamanan. Untuk Anti-lock Brake System (ABS) sendiri termasuk ke dalam fitur keamanan karena sangat membantu pada saat kendaraan perlu berhenti atau menghindari suatu objek.

Dengan kata lain, ABS bisa mengurangi risiko terjadinya kecelakaan karena rem blong dan sejenisnya.

Maka dari itu, fitur ABS menjadi sistem wajib untuk disematkan pada mobil modern, sebab laju kendaraan tetap stabil dan terarah, sesuai dengan keinginan pengemudi saat kendaraan direm pada kecepatan tinggi.

Untuk prinsip kerjanya, ABS bertugas untuk memastikan roda tidak mengunci begitu kendaraan direm pada kecepatan tinggi. Caranya dengan membaca putaran pada masing-masing roda.

Bila roda ada yang selip, atau jumlah putarannya tidak sama, maka roda yang berpotensi selip tersebut akan dikurangi daya pengeremannya tanpa harus melibatkan perintah pedal rem. Sehingga, roda tidak jadi mengunci.

Nah, pengurangan daya pengereman tersebut sering diartikan sebagai kelemahan ABS oleh sebagian orang. Katanya, ABS kalah pakem dengan rem konvensional. Apakah anggapan itu benar?

Foreman Nissan Bintaro, Ibrohim mengatakan perlu diluruskan dulu maksudnya pakem itu seperti apa, roda mengunci atau kendaraan berhenti.

“Saat kendaraan direm, itu tujuan sebenarnya adalah menghentikan laju kendaraan bukan menghentikan putaran roda, karena justru roda yang mengunci akan membuat laju kendaraan tidak berhenti tepat waktu, jarak dan arah,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Rabu (20/7/2022).

Dia mengatakan justru ABS menjadi solusi ketika rem konvensional lebih sering mengalami roda terkunci. Karena pada rem ABS, laju kendaraan masih bisa terkontrol, pengereman maksimal, serta kendaraan bisa berhenti lebih tepat waktu.

Hal itu bisa terjadi lantaran grip roda dengan aspal senantiasa dijaga, sehingga gaya geseknya tetap maksimal, tidak terjadi selip.

Jadi, kembali lagi, yang dimaksud pakem itu yang seperti apa, apakah roda cepat mengunci atau kendaraan berhenti.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mana yang Lebih Pakem, Rem Mobil Konvensional atau ABS?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/07/21/074200115/mana-yang-lebih-pakem-rem-mobil-konvensional-atau-abs-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm