Ilustrasi ketan srikaya gula merah.
Ilustrasi ketan srikaya gula merah. ( Dok. Shutterstock/ Amin Pudjihari)

Cara Membuat Ketan Srikaya, Kue Tradisonal Khas Sumatera Barat

26 Juli 2022 14:24 WIB

SonoraBangka.id - Ketan srikaya adalah kue tradisional khas Sumatera Barat yang kerap disajikan saat acara syukuran, acara adat, dan acara pernikahan. Orang Minang biasa menyebut kue ini dengan nama katan sarikayo. Ketan srikaya terdiri dari dua lapisan. Lapisan bawah diisi dengan ketan putih pulen, sedangkan lapisan atas diisi dengan srikaya berwarna coklat. Makanan khas minang ini rasanya legit dan bertekstur kenyal. Saat proses pembuatan, biasanya adonan akan dicetak di dalam talam dan dipotong kecil-kecil saat disajikan. Coba sajikan ketan srikaya khas minang sebagai kudapan teman minuman teh pada sore hari. Resep ketan srikaya bisa dilihat di buku "Jajanan Kaki Lima Khas Padang" (2009) karya Linda Carolina Brotodjojo terbitan PT Gramedia Pustaka Utama berikut. 

Resep ketan srikaya

Bahan ketan srikaya:

3 butir telur ayam

250 gram gula merah (sisir halus)

250 mililiter santan kental (dari 1 butir kelapa)

1/2 sendok teh garam

2 lembar daun pandan (ikat)

1 sendok teh air jahe

1/2 sendok teh vanila bubuk

Bahan ketan:

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm