Bika bakar khas Sumatera Barat di acara Festival Budaya Minang Luhak Nan Tigo 2022
Bika bakar khas Sumatera Barat di acara Festival Budaya Minang Luhak Nan Tigo 2022 ( DOK. KOMPAS.COM/ SUCI WULANDARI PUTRI CHANIAGO)

Enak Dan Mudah, Berikut Cara Membuat Bika Bakar Khas Sumatera Barat

27 Juli 2022 14:26 WIB

SonoraBangka.id - Bika bakar ialah jajanan jadul khas Minang yang dapat ditemui di daerah pesisir Sumatera Barat, salah satunya yaitu Pariaman. Biasanya bika dimakan sebagai kudapan bersama kue tradisional khas Minang lainnya, seperti ketan srikaya, serabi, dan onde-onde. Namun, saat ini keberaadaan bika bakar sudah mulai berkurang di pasaran. Apabila para wisatawan yang datang ke Sumatera Barat ingin menikmati bika bakar, mereka biasanya harus datang langsung ke dapur produksi bika. Bika terbuat dari campuran kelapa parut, tepung beras, dan santan yang dimasak di dalam cetakan beralas daun waru. Daun waru merupakan jenis daun yang biasanya ditemukan di daerah pantai. Bentuknya lebar dan bulat, serta bertekstur agak kasar. Secara tradisional, bika bakar dimasak di atas arang dan sabut kelapa yang masih panas. Penggunaan sabut kelapa ini membuat rasa bika menjadi lebih smooky setelah dibakar. Namun, bila tidak memungkinkan menggunakan arang dan sabut kelapa, bisa diganti oven. Pembuatan bika bakar termasuk sederhana, resepnya dapat dilihat di buku "Pusaka Nenek Moyang, yang Pantas Disayang- Kuliner MInangkabau" (2019) karya Murdijati Gardjito dkk terbitan PT Gramedia Pustaka Utama berikut.

Resep bika bakar

Bahan bika bakar:

500 gram tepung beras 

300 gram tepung singkong (haluskan)

200 gram gula pasir

600 mililiter santan

300 gram kelapa parut

2 sendok teh baking powder

Cetakan bika

Daun waru secukupnya (bisa pakai paper cup)

Cara membuat bika bakar

1. Aduk tepung beras, tepung singkong, dan gula pasir hingga tercampur rata, lalu tuang santan sedikit demi sedikit sembari diaduk.

2. Masukkan kelapa parut dan baking powder, lalu aduk kemudian diamkan selama 15 menit. 

3. Siapkan cetakan yang sudah dilapisi daun waru atau bisa pakai paper cup, lalu tuang adonan bika ke dalam cetakan.

4. Panggang bika di dalam oven hingga masak dan bagian atas bika nampak kecoklatan. Angkat dan sajikan bika selagi hangat. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Bika Bakar Enak dan Mudah, Jajanan Jadul Khas Sumatera Barat", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2022/07/26/150600675/resep-bika-bakar-enak-dan-mudah-jajanan-jadul-khas-sumatera-barat?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm