Mengenal penyakit langka Empty Sella Syndrome yang jarang terjadi di Indonesia.
Mengenal penyakit langka Empty Sella Syndrome yang jarang terjadi di Indonesia. ( )

Penyakit Langka yang Berbahaya,Ini 5 Penyebab Empty Sella Syndrome

29 Juli 2022 10:37 WIB

Bangkasonora.ID - Otak adalah organ penting dalam tubuh yang juga bisa mengalami masalah, seperti penyakit langka yaitu empty sella syndrome.

Ini merupakan penyakit langka yang diakibatkan membesarnya sella tursika.

Sella tursika merupakan struktur tulang yang berupa lekukan berbentuk pelana. Tulang tersebut bertugas melindungi kelenjar pituitari di dasar otak.

Sedangkan kelanjar pituitari atau hipofisis merupakan kelenjar yang berperan mengontrol kerja hormon di dalam tubuh.

Jadi orang yang mengalami penyakit empty sella syndrome akan memliki ukuran kelenjar pituitari yang kecil.

Penyakit ini bisa terjadi karena beberapa penyebab dari tumor hingga cedera. Berikut akan dijelaskan beberapa penyabab dan gejala dari penyakit ini.

Penyebab Empty Sella Syndrome

1. Cacat Diafragma Sellae

Jika dilihat dari penyebabnya empty sella syndrome terdiri dari dua jenis, yaitu empty sella syndrome primer dan sekunder.

Untuk jenis penyakit empty sella syndrome primer memang belum diketahui pasti penyabnya, namun para peneliti meyakini penyakit ini bisa disebabkan karena cacat diafragma sellae.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm