Olahan seafood dari Seafoodking.
Olahan seafood dari Seafoodking. ( Kompas.com/Silvita Agmasari)

Dari Bau Sampai Kemasan, Berikut 4 Ciri Olahan Seafood Berkualitas

1 Agustus 2022 20:38 WIB

SonoraBangka.id - Olahan seafood semakin mudah ditemui di Indonesia. Umumnya, di supermarket, olahan seafood ijual dalam berbagai bentuk.  Paling umum ada bakso, otak-otak, dan makanan siap goreng dalam berbagai bentuk dan varian rasa. Brand and Procurement Director dari PT Fitrafood Internasional, produsen Seafoodking sejak 1995, Hans Manan mengatakan ada beberapa ciri untuk tahu olahan seafood berkualitas di pasaran.  Konsumen dapat lebih teliti memilih olahan seafood berkualitas melalui kemasan dan tampilan makanan yang dijual, seperti berikut. 

1. Memiliki kelengkapan dokumen

"Memang untuk mengetahui bahan baku suatu produk bagi konsumen agak tricky (susah-susah gampang)," kata Hans dalam acara peluncuran tampilan baru kemasan Seafoodking di pameran Food & Hotel Indonesia 2022, JiExpo Kemayoran, Selasa (26/7/2022).  Cara paling mudah untuk tahu olahan seafood berkualitas, menurutnya melalui kelengkapan dokumen seperti lolos BPOM dan sertifikat halal. Setidaknya jaminan tersebut memberi keamanan dan kenyamanan bagi konsumen.

2. Olahan seafood tidak berbau amis 

Selanjutnya, kamu bisa mencium bau olahan seafood seperti bakso dengan cara mencium baunya.  Apabila ada bau amis, apalagi menyengat berarti bahan baku oalahan seafood tersebut kurang berkualitas. 

3. Bahan baku ikan laut dalam 

"Seafoodking hanya menggunakan bahan baku ikan dari laut dalam," kata Hans. Menurutnya, ikan laut dalam lebih bergizi karena tidak terpapar polusi laut seperti ikan laut dangkal.  "Daging ikan juga lebih putih, sehingga dari tampilan seafood lebih putih. Teksturnya juga terjaga," kata Hans.

4. Plastik atau kemasan tidak menggembung 

Indikasi olahan seafood yang tidak layak beli adalah plastik atau kemasan sudah menggembung.  "Daging atau seafood yang sudah rusak itu akan keluar gas, jadi harus was-was kalau menemukan kemasannya yang sudah menggembung," jelas Hans. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Ciri Olahan Seafood Berkualitas, dari Bau sampai Kemasan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2022/08/01/140800275/4-ciri-olahan-seafood-berkualitas-dari-bau-sampai-kemasan?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm