Dinding ban mobil terkelupas(Kompas.com/Donny)
Dinding ban mobil terkelupas(Kompas.com/Donny) ( KOMPAS.COM)

Tanda-tanda Ban Mobil Sudah Minta Diganti

2 Agustus 2022 19:55 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Ban merupakan elemen utama yang bertugas menopang berat keseluruhan pada kendaraan. Maka dari itu, komponen ini juga perlu diperhatikan agar pengendara selamat ketika melakukan perjalanan.

Umur ban sendiri tidak terikat, bisa awet dan cepat habis tergantung dari pemakaian. Bila mobil tersebut sering digunakan maka tapak ban akan lebih cepat aus dan berpotensi mengalami kerusakan karena kondisi jalan.

Nah, maka dari itu pengendara harus tahu tanda-tanda ban sudah waktunya diganti. Karena jika tidak diganti padahal kondisinya sudah tidak mumpuni, dapat membahayakan saat kendaraan digunakan.

Pemilik Everest Motor Spesialis Nissan & Datsun Eko Setiawan, mengatakan untuk jangan sampai telat mengganti ban, jika sudah muncul tanda-tandanya sebaiknya ban segera diganti demi keamanan dan kenyamanan.

“Jika ban sudah sobek, benjol, tapak ban aus, atau tekanan udara mudah habis, maka sebaiknya diganti segera demi kenyamanan serta keamanan selama berkendara,” ucap Eko kepada Kompas.com, Minggu (31/7/2022).

Dia mengatakan ban yang sobek sangat berisiko pecah di jalan, terlebih lagi saat melaju kencang. Ketika kendaraan melaju kencang lalu ban terkena lubang jalan, maka itu cukup mengerikan.

“Benjol juga, itu bisa membuat kenyamanan berkendara berkurang karena berisik, kendaraan menjadi limbung, serta dapat mengurangi usia peredam kejut,” ucap Eko.

Dia mengatakan peredam kejut yang terus menerus bekerja karena ban benjol akan gampang bocor. Selain itu dia juga meminta pengendara untuk senantiasa memperhatikan Tread Wear Indicator (TWI) sebagai patokan aus atau tidaknya ban tersebut.

“Jadi tidak perlu menunggu ban botak, jika tebal tapak ban sudah rata dengan TWI maka sebaiknya ban diganti, ini demi keselamatan,” ucap Eko.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ciri-ciri Ban Mobil Sudah Minta Diganti", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/08/02/141200115/ciri-ciri-ban-mobil-sudah-minta-diganti.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm