Ilustrasi otak-otak ikan panggang.
Ilustrasi otak-otak ikan panggang. ( Dok. Shutterstock/ Ariyani Tedjo)

Cara Membuat Otak-Otak Bakar Dan Sambal Kacang

2 Agustus 2022 21:01 WIB

SonoraBangka.id - Otak-otak terbuat dari daging ikan tenggiri atau bandeng yang dihaluskan kemudian dibungkus daun pisang. Biasanya otak-otak disajikan bersama bumbu cocolan seperti cuko atau sambal kacang. Otak-otak memiliki dua jenis, ada yang dibakar serta digoreng, rasanya gurih dan pedas dari sambalnya. Cara membuatnya mudah dengan bahan seperti daging ikan tenggiri, santan kental, putih telur, tepung sagu atau tapioka, daun bawang, bawang putih, dan bawang merah. Simak resep otak-otak bakar dan sambal kacang, dikutip dari buku "Gurih-Gurih Club Hits di Instagram - Resep Jajanan & Camilan Laris Dijual" (2020) karya Dhila Sina terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

Resep otak-otak bakar dan sambal kacang

Bahan:

250 gram daging ikan tenggiri

30 ml santan kental

30 ml air dingin

1 putih telur

50 gram tepung sagu, atau tapioka

Garam, gula, merica sesuai selera

1 batang daun bawang, iris

Bahan halus:

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm