Ilustrasi sayur asem sunda.
Ilustrasi sayur asem sunda. ( Dok. Shutterstock/ gilangtristiano)

Kaya Rasa Dan Berkuah Lebih Pekat, Berikut Resep Sayur Asem Khas Sunda

9 Agustus 2022 14:10 WIB

SonoraBangka.id -  Sayur asem merupakan menu masakan khas Nusantara. Hidangan dengan kuah rasa asem membuat tenggorokan lega dan terasa segar.  Di beberapa daerah seperti Jakarta dan Jawa Timur punya hidangan sayur asem dengan cita rasa yang khas. Namun kebanyakan sayur asem memiliki isian dari potongan kacang panjang, nangka muda, jagung, melinjo, dan labu siam.  Ada resep sayur asem sunda yang bisa kamu ikuti untuk membuat menu sarapan atau bekal makan siang di kantor. Praktis dan cepat membuatnya, dilansir dari buku "Menu Seminggu Masakan Asli Tatar Sunda" (2014) oleh Rostiawati terbitan PT Gramedia Pustaka Utama. 

Resep sayur asem sunda 

Bahan (5 porsi)

1,5 liter air kaldu daging atau air 

50 gram buah melinjo 

1 buah jagung manis muda, belah dua, potong 3 cm 

50 gram kacang tanah 

100 gram kacang merah rebus 

200 gram kacang panjang

1 buah labu siam, kupas, potong 2x2 cm 

50 gram daun melinjo 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm