Kegiatan Gerakan Pramuka Indonesia
Kegiatan Gerakan Pramuka Indonesia ( shutterstock.com)

Tanggal 14 Agustus adalah Hari Pramuka. Bagaimana Sejarah?

14 Agustus 2022 15:22 WIB

SonoraBangka.id - Sampai sekarang, tidak sedikit yang masih belum tahu tanggal 14 Agustus hari apa.

Nah, apakah Anda tahu jika hari Minggu ini adalah Hari Pramuka Indonesia?

Meski jatuh di hari libur, Hari Pramuka 2022 ini tetap diperingati dengan meriah.

Namun sebelum itu, yuk ketahui dulu sejarah Hari Pramuka:

Melansir Tribun Pontianak, Hari Pramuka yang diperingati tiap 14 Agustus ditetapkan berdasarkan hari pelantikan Ketua Majelis Pimpinan Nasional Gerakan Pramuka pada 14 Agustus 1961.

Gerakan Pramuka Indonesia ditandai dengan munculnya cabang milik Belanda dengan nama Nederlandesche Padvinders Organisatie (NPO) pada 1912.

Empat tahun setelahnya, NPO berubah nama menjadi Nederlands Indische Padvinders Vereniging (NIVP).

Pada tahun yang sama, Mangkunegara VII membentuk Organisasi Kepanduan pertama di Indonesia dengan nama Javaansche Padvinder Organisatie (JPO).

Didirikannya JPO justru memicu sejumlah gerakan nasional sejenis lainnya, seperti Hizbul Wahton (HM) pada 1918, Jong Java Padvinderij (JJP) pada 1923, Nationale Padvinders (NP), Nationaal Indonesische Padvinderij (NATIPIJ), dan Pandoe Pemoeda Sumatra (PPS). 

Adapun penyatuan organisasi pandu dari NPO dan Jong Indonesische Padvinderij Organisatie (JIPO) menjadi Indonesische Padvinderij Organisatie (INPO) pada 1926.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm