Chain lube pilihan terbaik pelumas rantai sepeda motor(Suzuki)
Chain lube pilihan terbaik pelumas rantai sepeda motor(Suzuki) ( KOMPAS.COM)

Cara Rawat Rantai dan Gir Motor Agar Awet

14 Agustus 2022 18:17 WIB

SONORABANGKA.ID - Bagian Rantai dan gir sepeda motor sangat penting dalam rangkaian sistem kerja penggerak transmisi. Fungsinya menyalurkan tenaga mesin agar terhubung ke bagian roda. 

Maka dari itu, perawatan rantai dan gir dibutuhkan agar kinerjanya tetap baik. Kelewat sedikit saja konsekuensinya bisa membahayakan keselamatan. 

Hal itu disampaikan Kepala Bengkel Kawasaki Majapahit Semarang Untung Budi Subagyo kepada redaksi Kompas.com. Dia mengatakan, rantai dan gir sepeda motor wajib diperhatikan dan mendapatkan perawatan

Menurutnya, perawatan bisa dilakukan sendiri oleh pemilik tanpa harus menunggu jadwal servis perawatan sesuai jadwal. 

"Biar tetap awet cek pelumasan rantai, jangan dibiarkan kering. Khusus musim penghujan atau motor baru selesai dicuci pelumasan harus lebih sering," kata Untung ditemui Kompas.com, Jumat (13/8/2022). 

Dia melanjutkan, perawatan cukup sederhana saja, cuma cukup melumasi rantai memakai pelumas khusus.

Lebih baik lagi, menurut dia, kalau sebelum memberikan pelumas, rantai yang kotor dibersihkan agar cairan pelumas bisa meresap ke dalam pin dan mata rantai

"Rantai yang bersih cairan pelumas bisa menjangkau celah-celah sempit antara pin dan rantai. Untuk membersihkan kotoran bisa menggunakan cairan degreaser," ujarnya. 

Tak boleh terlewatkan, kata Untung, kekencangan rantai juga harus benar-benar diperhatikan. Gampang saja, pemilik kendaraan bisa memperhatikan patokan ukuran yang terletak pada ujung bagian swing arm.

Rumus hitungan yang dapat digunakan untuk penyetelan yakni ketegangan rantai harus sesuai ukuran standar 25 milimeter. 

"Bisa di cocokan dengan perhitungan manual 20 pin mata rantai. Jika memang kondisi fisik rantai sudah terlalu kendur tak bisa di stel," ucapnya. 

Sedikit berbeda, Kepala Bengkel Yamaha Mataram Sakti Pedurungan Hendro Mahardika menyinggung soal cairan pelumas rantai. Menurut dia, sangat tidak direkomendasikan untuk menggunakan oli bekas. Partikel gram besi sisa pembakaran mesin dikhawatirkan bisa bereaksi merusak rantai

"Lebih baik pakai oli baru untuk pelumas rantai. Kalau terbiasa pakai oli bekas selain estetika kurang bagus (kotor) rantai dikhawatirkan cepat kendor," katanya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Rawat Rantai dan Gir Motor Biar Awet", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/08/13/174200315/cara-rawat-rantai-dan-gir-motor-biar-awet.

SumberKOMPAS.com
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm