( )

Video Viral Dua Benda Bercahaya di Langit Pekanbaru Seperti Meteor

15 Agustus 2022 09:31 WIB

SONORABANGKA.ID - Sebuah unggahan video yang viral memperlihatkan dua benda bercahaya melintas di langit Pekanbaru Riau.


Salah satunya diunggah oleh akun Instagram ini “Does anyone know?,” tulis akun terrsebut. Pihaknya sembari melampirkan video yang menunjukkan dua benda bercahaya bergerak beriringan di langit Pekanbaru.

“Kejadian dilangit Pekanbaru ada cahaya yang melintas gak tau apa, ada yg tau???” tulis akun tersebut.

Unggahan tersebut diunggah pada Sabtu (13/8/2022). Hingga kini telah disukai lebih dari 7.037 pengguna. Beragam komentar muncul terkait dengan unggahan itu.

“Hujan meteor guys,” tulis salah seorang pengguna. “Ufo?,” tanya pengguna lain.

Benda apakah itu?

Berikut penjelasan peneliti dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN):
Penjelasan BRIN Terkait video viral dua benda bercahaya di langit Pekanbaru tersebut, Kompas.com menghubungi Peneliti Pusat Riset Sains Antariksa BRIN Andi Pangerang.

Andi menjelaskan bahwa benda bercahaya sebagaimana yang terlihat tersebut adalah pecahan roket Ariane 5.

“Itu adalah pecahan Roket Ariane 5 yang jatuh di daratan Kalimantan Barat pada Sabtu (13/8) pukul 21.43 WIB,” ujar Andi, saat dihubungi Kompas.com, Minggu (14/8/2022).

Lanjut Andi, sebelumnya fenomena tersebut terlihat sebagai puing roket Ariane 5 yang melintas di langit Pekanbaru sekitar pukul 20.47 WIB dari arah barat hingga timur.

Andi menjelaskan bahwa roket Ariane biasa dipakai untuk meluncurkan wahana antariksa lain, seperti satelit dan wahana lainnya.

Roket Ariane sendiri diluncurkan oleh Arianespace, perusahaan komersial pertama di dunia yang menyediakan layanan peluncuran wahana antariksa.

Peluncuran Roket Ariane ini biasa dilakukan di negara Guyana Prancis, benua Amerika Selatan.

“Pecahan roket yang mengenai pemukiman tentunya berbahaya karena selain dapat menimbulkan kerusakan material dan menimpa manusia, juga mengandung radiasi elektromagnetik yang dapat mengganggu perangkat elektronik,” ungkapnya.

Meski demikian Ia mengatakan sejauh ini belum ada konfirmasi ke Pihak BRIN terkait adanya puing roket yang jatuh ke permukaan bumi.

Ia menambahkan, masyarakat bisa memantau secara real-time terkait benda jatuh antariksa melalui laman orbit.brin.go.id.

Bukan hujan meteor Andi menyebut, benda bercahaya yang terlihat di langit Pekanbaru itu bukanlah hujan meteor sebagaimana yang disampaikan sejumlah warganet di kolom komentar.

Ia mengatakan, hujan meteror Perseid titik radian baru terbit sekitar tengah malam saat bulan berkulminasi.
Namun, dalam video terlihat ketinggian bulan sudah 15 derajat.
“Meskipun ada hujan meteor, seperti Kappa Cygnid yang terbit dari timur laut dan terbenam di barat laut, tetapi arah gerak benda langitnya justru dari barat ke timur,” ujarnya.

Andi mengatakan, arah gerak ini seperti arah gerak satelit saat mengorbit bumi yang berbeda dengan arah gerak benda langit alami yang mengikuti gerak semu harian bulan dan matahari.

Selain itu, dari video terlihat bahwa lebih menyerupai meteor karena reentry benda buatan, yakni ada beberapa serpihan yang berdekatan dan berderetan dengan laju relatif lambat dibanding meteor yang berasal dari benda alami.

“Dengan alasan-alasan di atas, saya cukup yakin bahwa apa yang terlihat di video itu adalah reentry benda antariksa buatan, yakni ARIANE 5 DEB R/B dg nomor katalog 39037,” ujarnya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm