( )

Contek Desain Tokyo DisneySea, Sutradara MV SNSD Minta Maaf

15 Agustus 2022 10:23 WIB

SONORABANGKA.ID - Sutradara MV (video musik) FOREVER 1 Girls’ Generation Shin Hee Won meminta maaf karena mencontek logo peringatan 15 tahun Tokyo DisneySea pada 14 Agustus 2022.

Girls Generation atau SNSD baru saja merilis album Forever 1 sebagai perayaan 15 tahun debut.

Mereka juga merilis music video (MV) lagu Forever 1 yang dipenuhi dengan keceriaan dari para anggota.

Sayangnya, MV itu tersandung kasus plagiarisme usai seorang warganet Jepang menemukan kemiripan dalam logo 15 tahun SNSD.

Warganet itu menyandingkan logo milik SNSD dengan logo perayaan ke-15 tahun Tokyo Disney Sea.

Kedua logo itu pun terlihat mirip, hanya ada beberapa perbedaan kecil yang nyaris tak terlihat.

"Bukankah ini plagiarisme dari 15th anniversary Disney Sea?" tulis warganet itu, dikutip dari KBIZoom.


Kabar ini pun segera mencuat di media sosial hingga membuat Shin Heewon, pria yang menggarap MV mengunggah permintaan maaf.

Ia tak menampik bahwa kedua logo itu terlihat mirip dan melakukan permintaan maaf karena membuat logo yang mirip tanpa izin.

"Pertama-tama, saya ingin minta maaf kepada member Girls' Generation dan SM Entertainment karena kontroversi desain beberapa set dalam MV 'Forever1'. Saya malu dan menyesal karena meminjam desain tanpa izin dari perusahaan," tulisnya.

PD-nim itu kemudian menjelaskan bahwa dirinya kurang teliti dalam hal perizinan saat mencari referensi untuk logo yang digunakan di MV milik SNSD.

"Saya mencari desain logo yang berhubungan dengan angka untuk digunakan dalam set parade ulang tahun ke-15, dan menemukan beberapa referensi. Hari ini kami telah mengkonfirmasi bahwa itu adalah logo ulang tahun ke-15 Disney Sea dan kami dengan tulus meminta maaf atas mendesain set tanpa menyelidiki atau konfirmasi menyeluruh," sambungnya.

Oleh sebab itu, Shin Heewon berjanji akan lebih teliti di masa mendatang agar kejadian serupa tidak terulang kembali.

"Kami akan menyelidiki dan memeriksa lebih teliti dari berbagai sudut sebelum produksi untuk memastikan hal seperti itu tidak terjadi lagi. Sekali lagi, saya ingin menyampaikan permintaan maaf saya yang tulus," tutupnya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm