Wapres Ma’ruf Amin saat memberikan sambutan secara virtual pada Perayaan Tahun Baru Imlek Nasional 2572 Kongzili, Minggu (14/02/2021).
Wapres Ma’ruf Amin saat memberikan sambutan secara virtual pada Perayaan Tahun Baru Imlek Nasional 2572 Kongzili, Minggu (14/02/2021). ( Foto: BPMI Setwapres)

Soal Kenaikan Harga Pertalite, Wapres: Masih dalam Pembahasan...

22 Agustus 2022 17:17 WIB

SonoraBangka.ID - Santer terdengar kabar pemerintah akan mengerek harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis PertaliteHarga Pertalite disebut-sebut akan dinaikkan menjadi Rp 10.000 per liter.

Menanggapi kabar tersebut, Wakil Presiden Ma'ruf Amin menegaskan, pemerintah masih dalam tahap pengkajian terkait hal ini.

"Ini masih terus dipikirkan, dalam penggodokan. Masih dalam pembahasan apakah jadi naik atau tidak. Namun, bagaimana ini berjalan dengan baik," tutur Wapres usai menghadiri Haul Akbar ke-23 Tahun Ulama Indonesia Alm. Habib Umar bin Hood Alatas, di Depok, Sabtu (20/8/2022).

Wapres mengingatkan, kenaikan harga BBM jenis Pertalite ini juga sebenarnya karena ada peningkatan harga energi global. Peningkatan harga energi global ini juga kemudian menjadi beban tambahan bagi anggaran negara.

Apalagi, pemerintah pada tahun ini sudah memberikan subsidi energi dan kompensasi senilai hingga Rp 502 triliun.

Bila nantinya ada peningkatan harga BBM jenis Pertalite, maka menurutnya agar anggaran subsidi tidak cepat menipis dan tetap bisa diberikan kepada masyarakat.

"Beban subsidi negara besar sekali, kalau ada kenaikan (harga), ini agar (anggaran) subsidi bisa terus berlanjut," tandasnya. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Soal Kenaikan Harga Pertalite, Wapres: Masih dalam Pembahasan...", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2022/08/22/050900426/soal-kenaikan-harga-pertalite-wapres--masih-dalam-pembahasan-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm