Penandatanganan nota kesepahaman kerja sama penanggulangan stunting antara Pemerintah Kabupaten Bangka dengan pelaku usaha dan industri.
Penandatanganan nota kesepahaman kerja sama penanggulangan stunting antara Pemerintah Kabupaten Bangka dengan pelaku usaha dan industri. ( Diskominfotik Bangka)

Pemkab Bangka Gandeng PT RBT Dalam Penanganan Stunting

23 Agustus 2022 08:26 WIB

SONORABANGKA.ID - Bupati Bangka, Mulkan bersama PT Refined Bangka Tin (RBT) serta KADIN Bangka melakukan Penandatanganan  stunting di Kabupaten Bangka, Senin (22/8/2022).

Kegiatan yang berlangsung di rumah dinas Bupati Bangka ini merupakan bentuk dukungan pemerintah daerah untuk menangani stunting di Kabupaten Bangka.

Hal tersebut, juga dalam rangka kiat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka untuk menuntaskan stunting hingga 0 persen pada 2023, mendatang.

Dalam kesempatan itu, Mulkan mengatakan, penanganan stunting merupakan atensi yang harus diprioritaskan pihaknya.

"Pemkab Bangka sangat fokus dalam penanganan stunting ini. Angka stunting di daerah pernah mencapai 32,27 persen di 2013, sehingga ini merupakan prioritas. Tapi, Alhammdulillah di 2019 hanya 9,28 persen," terangnya.

Mulkan menyebutkan, pihaknya telah melakukan pemetaan dalam penanganan stunting. Seprti, dari 62 desa di daerah dapat diketahui desa mana saja yang menjadi fokus utama.

"Sekarang, masih 11 desa yang dilakukan penanganan. Hingga saat ini hanya 1,68 persen stunting yang masih kita tangani,"tuturnya.

"InsyaAllah nanti di 2023 kita harapkan nantinya dapat menjadi zero atau nol persen," sambung Mulkan.

Menurutnya, angka pernikahan dini merupakan satu diantara faktor naiknya angka stunting. Sehingga pihaknya juga kerjasama dengan KUA-KUA di kecamatan-kecamatan, agar jangan sampai angka stunting terus mengalami kenaikan.

Dia menyebutkan, dalam penanganannya, harus dilakukan kampanye-kampanye pencegahan di Puskesmas di daerah, agar pengetahuan tentang pencegahan stunting serta edukasi dapat tersampaikan ke masyarakat.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm