Wali Kota Pangkalpinang (kiri) bersama pemilik Kampung Tiga Orang, Heri Thalib (kanan) di kawasan wisata Pusaka Budaya Melayu, Kampung Tiga Orang Tuatunu, Senin (22/6/2020)
Wali Kota Pangkalpinang (kiri) bersama pemilik Kampung Tiga Orang, Heri Thalib (kanan) di kawasan wisata Pusaka Budaya Melayu, Kampung Tiga Orang Tuatunu, Senin (22/6/2020) ( bangkapos.com/Ira Kurniati )

Pemkot Pangkalpinang Sudah Ajukan ke Kemenparekraf bahwa Tuatunu Indah akan Jadi Desa Wisata

3 September 2022 11:15 WIB

SonoraBangka.id - Rencananya Pemerintah Kota Pangkalpinang akan menjadikan Kelurahan Tuatunu Indah, Kecamatan Gerunggang sebagai desa wisata.

Hal ini karena wilayah itu memiliki berbagai macam daya tarik, keindahan alam dan budaya melayu yang kental.

Kepala Dinas Pariwisata Pangkalpinang, M Yasin mengatakan, hal ini telah mendapatkan dukungan pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Kelurahan Tuatunu punya dan memiliki kesempatan untuk dipromosikan menjadi destinasi wisata di Kota Pangkalpinang,” kata Yasin, Jumat (2/9/2022).

Menurut Yasin, penetapan desa wisata melalui pertimbangan seperti memiliki potensi pariwisata, masyarakatnya secara sadar paham dengan potensi yang dimiliki itu serta berpeluang untuk terus dikembangkan dan ada kunjungan wisatawan.

Kelurahan Tuatunu Indah sendiri sudah memenuhi beberapa persyaratan yang telah ditetapkan.

Pertama, yakni memiliki keindahan alam.

Di sana terdapat hutan kota seluas 60 hektare yang dapat dimanfaatkan sebaik mungkin.

Dengan membuat konsep edukasi keanekaragaman hayati, camping ground atau bumi perkemahan hingga konsep wisata alam flying fox. 

“Ke depan nanti kita sama dengan Dinas Lingkungan hidup kami akan membangun suatu konsep kepariwisataan di sana. Contoh bisa dijadikan media edukasi pendidikan pohon-pohon kita kasih label nama latin dan sebagainya,” jelas Yasin.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm