Ilustrasi
Ilustrasi ( KOMPAS.com/Muhammad Isa Bustomi )

Pj Gubernur Bangka Belitung Pastikan Bansos Kompensasi Kenaikan BBM Tepat Sasaran

5 September 2022 13:08 WIB

SonoraBangka.id - Sebagai kompensasi kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), pemerintah akan menggelontorkan bantuan sosial sebesar Rp24,17 triliun dalam tiga jenis bantuan.

Penjabat (Pj) Bangka Belitung (Babel), Ridwan Djamaluddin memastikan bantuan sosial kompensasi dari kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) di Bangka Belitung (Babel) harus tepat sasaran.

"Secara detil belum (soal penyaluran bansos-red), tapi itu baru disampaikan pemerintah pusat, nanti akan kita atur, yang penting adalah tepat sasaran," ungkap Ridwan, Senin (5/9/2022) saat dikonfirmasi Bangkapos.com.

Pemerintah Provinsi Bangka Belitung (Babel) akan berkoordinasi dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Bangka Belitung, untuk mendapatkan data akurat penerima bantuan sosial.

"Kita akan berkoordinasi dengan BPS khususnya, dan data-data lain karena di situ lah sering melesetnya kita, jangan sampai kita memberikan anggaran, pada dasarnya dana negara kepada pihak tidak tepat," kata Ridwan.

Ilustrasi
Penjabat (Pj) Gubernur Bangka Belitung (Babel), Ridwan Djamaluddin. (Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Menunjang agar bantuan sosial ini tepat sasaran, Ridwan akan melibatkan berbagai stakeholder dalam hal ini.

"Itu ide bagus (ada tim khusus penyaluran bansos di Babel-red), akan saya coba, selain itu dukcapil akan dilibatkan karena identitas itu sangat penting," kata Ridwan.

Dia menambahkan penyaluran bantuan sosial ini juga sebagai upaya agar daya beli masyarakat tetap terjaga setelah kenaikan BBM.

"Ini merupakan bentuk antisipasi pemerintah yang sangat kita hargai, sehingga dampak kenaikan BBM dapat menahan laju inflasi dan konsumsi rumah tangga. 

Pemerintah daerah (pemda) juga akan mengalokasikan 2 persen dari dana alokasi umum dan dana bagi hasil dalam bentuk subsidi transportasi.

Diungkapkan Ridwan yang juga menjabat sebagai Direktur Jenderal Minerba Kementerian ESDM ini bahwa pemberian bansos ini harus tepat waktu dan tepat sasaran.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Bansos Kompensasi Kenaikan BBM, Pj Gubernur Bangka Belitung Pastikan Tepat Sasaran, https://bangka.tribunnews.com/2022/09/05/bansos-kompensasi-kenaikan-bbm-pj-gubernur-bangka-belitung-pastikan-tepat-sasaran.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm