Ilustrasi brongkos.
Ilustrasi brongkos. ( Dok. SHUTTERSTOCK/GRATSIAS ADHI HERMAWAN)

DEngan 2 Langkah Masak, Berikut Cara Membuat Brongkos Kacang Merah

8 September 2022 08:28 WIB

SonoraBangka.id - Brongkos adalah makanan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah, berbahan utama daging, kacang, berbumbu keluak. Daging yang digunakan dalam masakan brongkos biasanya adalah sapi, kambing, domba, telur rebus, atau tahu. Sementara bumbu brongkos terdiri dari keluak, santan, bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, kunyit, jahe, kencur, gula merah, kaldu bubuk, gula, dan garam. Brongkos dinikmati dengan nasi putih, bisa dijadikan ide menu makan siang untuk keluarga. Simak resep brongkos kacang merah, dikutip dari buku "35 Resep Pilihan Ny. Liem Masakan Nusantara" (2013) karya Chendhawati terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

Resep brongkos kacang merah

Bahan A:

500 gram kacang merah, cuci, rebus dengan sedikit garam hingga matang

250 gram daging sengkel, potong 2 x 2 cm, direbus hingga matang

Bahan B:

5 butir bawang merah, haluskan

2 siung bawang putih, haluskan

3 sdm minyak goreng, untuk menumis

7 buah cabai merah, haluskan

3 buah cabai rawit, iris

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm