por ayam ala Foodplace untuk Lebaran.
por ayam ala Foodplace untuk Lebaran. ( KOMPAS.com/MAULANA MAHARDHIKA)

Kaya Akan Rempah, Berikut Cara Membuat Opor Ayam Pekalongan

12 September 2022 21:54 WIB

SonoraBangka.id - Opor ayam khas Pekalongan ini menggunakan banyak rempah dengan kuah santan yang kental.  Bumbu rempah tersebut di antaranya bawang merah, bawang putih, kemiri, kencur, jahe, dan cengkih. Oleh karena penggunaan rempah yang komplet itu membuat aromanya lebih nikmat.  Selain itu, opor ayam pekalongan ini dihidangkan secara utuh dengan isian rempah yang sudah diolah. Ditambahkan juga dengan buah ceramai yang membuatnya beda dengan jenis opor ayam dari daerah lain.  Ada juga penggunaan satu ekor ayam muda yang sudah dicuci bersih. Simak resep opor ayam pekalongan dari buku "180 Resep Masakan Nusantara Racikan Nyonya Rumah" (2019) oleh Julie Sutarjana terbitan PT Gramedia Pustaka Utama. 

Resep opor ayam pekalongan 

Bahan 

1 ekor ayam, ukuran besar dan muda. Potong leher dan kepalanya

2 lembar daun salam 

1 batang serai memarkan bagian putihnya

1 potong lengkuas, memarkan 

1 batang kayu manis

250 gram ceremai, buang bijinya, haluskan, peras

1,5 liter santan dari 1 butir kelapa

Minyak secukupnya

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm