Sebanyak 24 pebalap MotoGP berfoto di Sirkuit Lusail sebelum MotoGP Qatar 2022 yang dimulai pada hari ini, Jumat (4/3/2022) hingga Minggu (6/3/2022). (AFP/KARIM JAAFAR)
Sebanyak 24 pebalap MotoGP berfoto di Sirkuit Lusail sebelum MotoGP Qatar 2022 yang dimulai pada hari ini, Jumat (4/3/2022) hingga Minggu (6/3/2022). (AFP/KARIM JAAFAR) ( KOMPAS.COM)

MotoGP Siap Digelar di India, Menggunakan Nama Resmi Grand Prix of Bharat

22 September 2022 18:00 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Dorna Sports telah mengumumkan rencana menggelar balapan Grand Prix MotoGP di India dalam waktu dekat. Hal ini terungkap dari pertemuan CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta dengan beberapa pihak berwenang di India.

Dilansir dari laman resmi MotoGP (22/9/2022), kunjungan Ezpeleta ke India dimulai dari Sirkuit Internasional Buddh.

Lintasan yang lokasinya dekat New Delhi ini dikabarkan bakal menjadi tuan rumah MotoGP pada tahun depan.

“India adalah negara dan pasar yang besar, dan sangat penting bagi industri roda dua dan MotoGP sebagai olahraga,” ujar Ezpeleta.

“Kejuaraan ini memiliki basis penggemar yang besar di sana dan dapat mengadakan acara MotoGP di India akan menjadi tontonan yang luar biasa bagi para penggemar kami,” kata dia.

Lebih lanjut, CEO Dorna Sports mengatakan, gelaran MotoGP India nantinya memungkinkan pihaknya untuk terus mengembangkan olahraga di wilayah tersebut.

“Kami akan senang untuk dapat melihat proyek ini dan membawa motor MotoGP yang luar biasa ini untuk balapan di depan para penggemar India,” kata Ezpeleta.

Ia juga menambahkan, balapan di India bisa menjadi cerminan dari komitmen Dorna Sports untuk membuka pintu olahraga seluas mungkin. Menurutnya, hal ini menjadi pijakan penting bagi MotoGP ke depannya.

Sementara itu, dilansir dari Visordown (22/9/2022), balap MotoGP di India akan dikenal dengan nama ‘Grand Prix of Bharat’. Untuk diketahui, Bharat adalah kata dalam bahasa Hindi yang merujuk pada daratan India.

Rencananya, MotoGP Bharat akan berlangsung di Sirkuit Internasional Buddh. Sirkuit yang menjadi tuan rumah Grand Prix Formula 1 pada 2011 dan 2013, sebelum F1 meninggalkan India.

Infonya balap MotoGP di India kemungkinan paling cepat terlaksana pada 2023. Tapi hal itu masih perkiraan, mengingat homologasi sirkuit belum berlangsung. Begitu juga dengan kalender balap tahun depan yang belum dirilis oleh Dorna Sports.

Namun kalau semua berjalan sesuai rencana, tampaknya balapan di Negeri Bollywood akan berlangsung pada 2024.

Sebagai informasi, Hongaria misalnya, telah menandatangani nota kesepahaman untuk menjadi tuan rumah MotoGP.

Walau begitu, rencana tersebut belum pernah terjadi. Baru-baru ini Arab Saudi juga telah berencana mengadakan MotoGP selama 10 musim, yang tentu saja masih kemungkinan, bukan keputusan final.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "MotoGP Siap Digelar di India, Pakai Nama Resmi Grand Prix of Bharat", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/09/22/130100815/motogp-siap-digelar-di-india-pakai-nama-resmi-grand-prix-of-bharat?page=all#page2.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm