Ilustrasi oli transmisi.(SHUTTERSTOCK)
Ilustrasi oli transmisi.(SHUTTERSTOCK) ( KOMPAS.COM)

Salah Kaprah, Perawatan Pada Mobil Matik Tidak Perlu Kuras Oli Transmisi

23 September 2022 17:52 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Salah satu bentuk perawatan pada mobil matik adalah mengganti oli transmisi secara rutin. Tapi, ada anggapan bahwa tidak cukup cuma mengganti oli, namun perlu juga mengurasnya.

Sebagian orang beranggapan bahwa di dalam bak oli transmisi, lama kelamaan akan terdapat banyak kotoran. Sehingga, perlu dikuras untuk mengeluarkan semua oli dan kotorannya.

Technical Service Division Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi, mengatakan, sebenarnya hal tersebut tidak perlu dilakukan.

"Saya dari dulu suka matik, karena saya tidak mau capek. Perawatan juga saya cuma ganti 2 liter saja, tidak perlu flushing, saat 80.000 km atau 4 tahun," ujar Bambang, kepada wartawan, saat ditemui di Sunter, beberapa waktu lalu.

Secara teknik, menurut Bambang, tidak perlu kuras oli mesin asalkan rutin mengganti oli sesuai dengan waktunya. Kecuali, ada kotoran yang masuk, berarti perlu dikuras, atau setelah dilakukan overhaul.

"Tapi, kalau dari pertama memang sudah tidak ada masalah, maka tidak perlu dikuras," kata Bambang.

Bambang mengatakan, di dalam transmisi sudah ada filter. Menurutnya, kotoran di dalam transmisi matik pasti ada, karena ada friksi. Namun, beda kondisinya dengan oli mesin.

"Oli mesin lebih cepat kotor, karena ada karbon. Ruang bakar itu kan menghasilkan karbon, ada gasnya. Kalau transmisi, lebih bersih, karena hanya komponen yang bergerak secara mekanis saja," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Salah Kaprah, Perawatan Mobil Matik Tidak Perlu Kuras Oli Transmisi", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/09/23/081200615/salah-kaprah-perawatan-mobil-matik-tidak-perlu-kuras-oli-transmisi.

SumberKOMPAS.com
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm