Ilustrasi tekanan darah tinggi
Ilustrasi tekanan darah tinggi ( Shutterstock/BlurryMe)

Menurut Ahli, Ini 5 Tanda Tekanan Darah Bisa Melonjak

24 September 2022 14:04 WIB

SonoraBangka.id - Memang, dari berbagai masalah kesehatan yang mendominasi dunia kesehatan, tekanan darah tinggi atau hipertensi termasuk penyakit yang harus diwaspadai.

Peningkatan tekanan darah cenderung tidak menunjukkan gejala, makanya sering disebut sebagai "silent killler".

Sebab, penderitanya tidak tahu kalau dirinya mengidap hipertensi.

Dokter Andrew Yocum, MD menyebut, tekanan darah tinggi terjadi ketika angka pengukuran tekanan darah melebihi 130/80 mmHg.

"Tekanan darah tinggi meningkatkan risiko penyakit jantung seperti penyakit arteri koroner, stroke, serangan jantung, dan gagal jantung," tutur Yocum.

"Perubahan gaya hidup dan resep obat tekanan darah dapat membantu menurunkan atau mengelola tekanan darah tinggi."

Tanda tekanan darah tinggi

Lima tanda ini bisa menunjukkan adanya peningkatan tekanan darah, yaitu:

1. Sakit kepala

Jika kita tiba-tiba mengalami sakit kepala intens yang terasa lebih buruk dari biasanya dan tekanan darah meningkat, dianjurkan untuk mencari pertolongan medis, saran ahli jantung Luke Laffin, MD.

Namun  Laffin juga mengatakan, tidak selalu tekanan darah tinggi menyebabkan sakit kepala. Justru hal sebaliknya juga dapat terjadi.

2. Sesak napas

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm