Ilustrasi tumis tangkil kulit melinjo
Ilustrasi tumis tangkil kulit melinjo ( SHUTTERSTOCK/ISNANI HUSNAYATI)

Berikut Ini Cara Membuat Tumis Tangkil Kulit Melinjo Khas Banten

26 September 2022 14:35 WIB

SonoraBangka.id - Melinjo atau belinjo merupakan tanaman yang banyak manfaat bagi kehidupan, mulai dari batang sampai buahnya berguna untuk perabotan sampai masakan. Seperti daunnya yang disebut daun so dalam bahasa Jawa dijadikan campuran sayur asam, dan biji buahnya untuk emping, sedangkan kulit melinjo bisa dimasak menjadi tumisan. Tumis kulit melinjo atau disebut tangkil adalah masakan khas Banten, cocok dijadikan menu makan siang maupun malam. Simak resep tumis tangkil kulit melinjo khas Banten, dikutip dari buku "200 Resep Pilihan Masakan dan Jajanan Khas Daerah" (2015) karya Tim Ide Masak terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

Resep tumis tangkil kulit melinjo khas Banten

Bahan:

3 sdm minyak untuk menumis

8 butir bawang merah, iris tipis

6 siung bawang putih, iris tipis

5 buah cabai merah keriting, iris serong

2 lembar daun salam

3 cm lengkuas

250 gram kulit melinjo, rebus

100 ml air

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm