lustrasi terong balado.
lustrasi terong balado. ( Dok. Shutterstock/Michaelnero)

Praktis Buat Makan Siang, berikut Cara Membuat Terong Balado

27 September 2022 21:09 WIB

SonoraBangka.id - Lauk untuk makan siang hari ini dapat kamu buat dari bahan sederhana, seperti terong ungu goreng. Aduk terong yang sudah digoreng bersama bumbu balado yang ditumbuk kasar, kemudian santap dengan sepiring nasi putih hangat. Bila ingin mendapatkan warna ungu terong yang rata, kamu bisa menggoreng terong di dalam minyak banyak. Bahan utama untuk bumbu tumbuk kasar balado yaitu cabai merah keriting, bila kamu suka rasa yang lebih pedas, bisa tambahkan cabai rawit sesuai selera. Resep terong balado selengkapnya bisa dilihat dalam buku "Koleksi 120 Resep Masakan Sayur Plus Tahu-Teme & Telur" (2010) karya Hayatinufus A.L.Tobing dkk terbitan PT Gramedia Pustaka Utama berikut.

Resep terong balado

Bahan terong balado:

10 buah terong ukuran sedang 

5 sendok makan minyak goreng

Bumbu tumbuk kasar:

10 buah cabai merah

1 buah tomat merah

5 buah bawang merah 

1/2 sendok teh garam

1 sendok teh gula pasir 

Cara membuat terong balado:

1. Belah dua memanjang terong tanpa terputus bagian ujungnya, lalu rendam di dalam air garam sebentar dan tiriskan.

2. Goreng terong menggunakan minyak sekitar satu hinga dua menit hingga matang, lalu tiriskan.

3. Tumis bumbu tumbuk kasar dengan tiga sendok makan minyak goreng hingga matang, jangan lupa koreksi rasa dengan tambahan penyedap.  Campur terong dengan bumbu balado lalu sajikan. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Terong Balado Sederhana, Ide Lauk Praktis untuk Makan Siang", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2022/09/27/190600775/resep-terong-balado-sederhana-ide-lauk-praktis-untuk-makan-siang.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm