Ilustrasi pesmol gurame
Ilustrasi pesmol gurame ( Dok. Shutterstock/Ika Rahma H)

Santap Dengan Nasi Dan Lalapan, Berikut Resep Pesmol Ikan Gurame

28 September 2022 21:44 WIB

SonoraBangka.id - Pesmol adalah masakan khas nusantara yang menggunakan ikan sebagai bahan utama. Ikan yang dibuat menjadi pesmol nantinya dimasak bersama bumbu kental berwarna kuning dengan cita asam, gurih, manis, dan pedas. Sajian pesmol yang cukup terkenal di Indonesia biasanya datang dari daerah Jawa Barat, khususnya Bandung. Salah satu jenis ikan yang kerap dimasak menjadi pesmol yaitu ikan gurame. Hidangan ini umumnya dihidangkan dengan nasi dan sayur lalapan. Resep pesmol ikan gurame selengkapnya bisa dilihat dalam buku "Wisata Kuliner Makanan Daerah Khas Bandung" (2010) karya Miftah Sanaji terbitan PT Gramedia Pustaka Utama berikut. 

Resep pesmol ikan gurame 

Bahan pesmol ikan gurame:

1 kilogram ikan gurame (bersihkan)

2 sendok makan air jeruk nipis

10 buah cabai rawit merah

1 1/2 sendok teh garam

Minyak goreng secukupnya

Bahan saus:

300 mililiter santan kental

2 batang serai (memarkan)

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm