Aplikasi point of sales (PoS) Majoo menyediakan solusi bagi UMKM.
Aplikasi point of sales (PoS) Majoo menyediakan solusi bagi UMKM. ( Dok. Majoo)

Penting, Begini 5 Cara Membangun Hubungan yang Baik dengan Pelanggan

4 Oktober 2022 07:02 WIB

SonoraBangka.id - Perlu banget bagi kita sebagai pebisnis untuk tahu cara membangun hubungan yang baik dengan pelanggan.

Pasalnya, pelanggan atau customer merupakan faktor penting yang bisa menentukan kesuksesan bisnis kita.

Dengan membangun hubungan yang baik, kita bisa mempertahankan loyalitas pelanggan.

Apalagi jika pelanggan merasa senang atau puas atas bisnis kita. Mereka akan berpotensi merekomendasikan bisnis kita ke orang lain.

Melansir Entrepreneur, berikut ini beberapa cara membangun hubungan yang baik dengan pelanggan.

1. Berkomunikasi

Komunikasi adalah kunci membangun hubungan yang baik, termasuk dalam hal bisnis.

Cobalah mengajak pelanggan untuk berkomunikasi langsung.

Cari tahu apa yang dibutuhkan pelanggan, lalu tunjukkan kepada mereka bahwa kita memiliki solusi untuk masalah mereka.

Jika Sahabat NOVA memiliki karyawan, ajari mereka melakukan cara berkomunikasi secara efektif dengan pelanggan.

Lebih baik membangun komunikasi yang baik, daripada mendapat keluhan dan kritikan dari pelanggan di akhir.

Namun, kalaupun ada keluhan atau saran dari pelanggan, pastikan kita atau karyawan kita bisa menjawab secepat mungkin.

2. Penuhi harapan pelanggan

Pelanggan tentu mengharapkan produk atau layanan yang hebat dari kita.

Sehingga, penting bagi kita untuk terus meningkatkan standar atas apa yang ditawarkan dari bisnis kita.

Ingat, ketika kita membuat pelanggan terkesan, mereka akan terus datang kembali.

Bahkan, kalau bisa jangan sekadar memenuhi ekspektasi pelanggan, tetapi berikan kepada mereka lebih dari harapan mereka.

Untuk melebihi harapan pelanggan, misalnya kita dapat memberikan produk atau layanan lebih cepat dari yang seharusnya.

3. Minta feedback

Cara berikutnya adalah dengan bertanya kepada pelanggan soal pendapatnya terhadap produk atau jasa yang kita berikan.

Dengan begitu, pelanggan akan merasa lebih didengarkan. Sahabat NOVA bisa melakukan ini dengan membuat kotak saran atau membuat survei.

Feedback pelanggan juga bisa membantu kita mencari kebutuhan pelanggan, sehingga kita dapat menemukan solusi terbaik untuk masalah mereka.

Jika solusi kita bisa membantu permasalahan pelanggan, maka pelanggan tentu akan puas dan akhirnya setia pada produk atau layanan kita.

Jadi, pastikan untuk selalu mendengarkan baik-baik komentar dan tanggapi dengan segera, apakah itu pujian atau keluhan.

4. Terhubung dengan pelanggan

Dengan teknologi, ada lebih banyak cara untuk memulai percakapan dengan pelanggan.

Misalnya saja, kita bisa menggunakan media sosial untuk menjangkau pelanggan.

Namun, saat kita terlibat dengan pelanggan secara online, berhati-hatilah untuk tidak membuat percakapan satu arah.

Ajukan pertanyaan kepada pelanggan, dan tanggapi pertanyaan mereka.

Juga, pastikan situs web kita beroperasi dengan baik dan mulailah membuat blog untuk melibatkan pelanggan di dalamnya.

5. Beri penghargaan

Hadiahi pelanggan lama dengan program diskon loyalitas.

Kita dapat membagikan kartu hadiah, atau menggunakan aplikasi program loyalitas untuk melacak hadiah pelanggan.

Dengan program loyalitas, pelanggan mendapatkan poin untuk membeli barang atau jasa kita.

Setelah mendapatkan sejumlah poin, pelanggan mendapat hadiah.
Misalnya, kita dapat menghadiahi pelanggan dengan diskon untuk pembelian berikutnya.

Juga berikan barang-barang bermerek yang murah, seperti pulpen atau buku catatan, atau bahkan barang-barang mahal, seperti kemeja, topi, atau jaket dengan logo bisnis kita di atasnya.

Ini adalah cara kecil namun efektif untuk mengucapkan terima kasih kepada pelanggan sekaligus membuat mereka tetap setia.

Jadi, itulah tadi beberapa cara membangun hubungan yang baik dengan pelanggan.

Silahkan bisa di coba ya!

Artikel ini telah terbit di https://nova.grid.id/read/053508328/pebisnis-ini-5-cara-membangun-hubungan-yang-baik-dengan-pelanggan?page=all

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm