Menengal Apa itu Resesi
Menengal Apa itu Resesi ( KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo)

Mau Tahu Apa Penyebab dan Dampak Dari Resesi? Yuk Kepoin Disini

5 Oktober 2022 16:45 WIB

SonoraBangka.id - Sebagian dari kita mungkin sudah tak asing mendengar kata resesi ini, tapi sebenarnya apa sih arti dari resesi ini?

Ya, belakangan ini resesi sering menjadi perbincangan, terlebih setelah Bank Dunia menyatakan prediksinya bahwa pada tahun 2023 sebagian besar negara-negara di dunia akan terdampak oleh resesi ekonomi.

Melansir dari Kompas.com, resesi adalah penurunan signifikan dalam kegiatan ekonomi yang berlangsung selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun.

Resesi dianggap sebagai bagian tak terhindarkan dari siklus bisnis yang terjadi dalam perekonomian suatu negara.

Sementara itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dalam laman resminya menjelaskan resesi adalah suatu kondisi di mana perekonomian suatu negara sedang memburuk, yang terlihat dari produk domestik bruto (PDB) negatif, pengangguran meningkat, maupun pertumbuhan ekonomi riil bernilai negatif selama dua kuartal berturut-turut.

Penyebab Resesi

Terdapat lebih dari satu cara untuk memulai resesi, dari guncangan ekonomi secara tiba-tiba hingga dampak dari inflasi tak terkendali.

Beberapa pendorong utama resesi antara lain:

  • Guncangan ekonomi secara tiba-tiba

Guncangan eknomi bisa menimbulkan kerugian finansial yang serius.

Sebagai contoh, pada 1970-an, OPEC memotong pasokan minyak ke AS tanpa peringatan yang menyebabkan resesi.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm