Marc Marquez saat konferensi pers jelang MotoGP Mandalika. Gambar diambil pada Kamis (17/3/2022). Terkini, Marc Marquez mendapatkan izin untuk mengikuti tes resmi MotoGP di Misano pada pada Selasa (6/9/2022) dan Rabu (7/9/2022).(AFP/SONNY TUMBELAKA)
Marc Marquez saat konferensi pers jelang MotoGP Mandalika. Gambar diambil pada Kamis (17/3/2022). Terkini, Marc Marquez mendapatkan izin untuk mengikuti tes resmi MotoGP di Misano pada pada Selasa (6/9/2022) dan Rabu (7/9/2022).(AFP/SONNY TUMBELAKA) ( KOMPAS.COM)

Marc Marquez Sampaikan Penyebab Honda Melempem di MotoGP

10 Oktober 2022 22:40 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Bukan rahasia umum lagi bahwa pabrikan Jepang Honda sedang berada dalam masa kelam di ajang MotoGP 2022.

Terutama setelah Marc Marquez mengalami cedera parah pada musim 2022 sampai membuat dirinya harus menjalani operasi lengan sebanyak empat kali. Sebab, tak dapat dipungkiri bahwa Honda selama ini sangat bergantung pada Marquez.

Bahkan prestasi Honda kini tertinggal jauh dari beberapa pabrikan Eropa di MotoGP, seperti Ducati, Aprilia hingga KTM.

Rider andalan Repsol Honda Marc Marquez, ternyata mempunyai pendapat soal penyebab hilangnya performa Honda di MotoGP dalam beberapa waktu belakangan ini.

“Pandemi memengaruhi MotoGP. Setelah berlalu, terlihat bahwa pabrikan Asia seperti Honda, Yamaha atau Suzuki lebih terdampak daripada pabrikan Eropa. Saya pikir itu lebih menyakiti terutama karena pada 2020 dan 2021 sebagian besar kejuaraan dilakukan di sirkuit Eropa. Kemudian semua insinyur Asia datang untuk tinggal di Eropa, dan mereka jarang berada di pabrik.” ucap Marquez dikutip dari Crash, Senin (10/10/2022).

“Banyak komunikasi dan tingkat pekerjaan yang sedikit menurun, meskipun itu bukan alasan karena pada akhirnya Anda berada di kejuaraan dunia dan Anda harus tahu bagaimana beradaptasi dengan perubahan yang terjadi. Jika tidak, kamu akan terkejar,” lanjutnya.

Walau begitu, menurut Marquez Honda telah berusaha keras dan memperbaiki performa-nya untuk meraih gelar kembali di MotoGP 2023.

“Mari kita berharap pada 2023 mereka mengambil langkah besar ke depan, tetapi saya tidak bisa menyalahkan mereka untuk apa pun karena saya melihat bahwa upayanya maksimal, keterlibatannya juga maksimal dan saya bisa merasakan di dalam diri mereka keinginan untuk menang lagi,” katanya.

Seperti diketahui, saat Marquez cedera tidak ada pebalap Honda lainnya yang bisa tampil kompetitif.

Bahkan walau sudah absen di enam balapan, koleksi poin Marquez masih lebih tinggi dibanding tiga rider Honda lainnya. Marquez sendiri berada di peringkat ke-13 dengan raihan 84 poin, sedangkan Alex Marquez di posisi 16 (50 poin), Pol Espargaro ke-17 (49 poin), dan Takaaki Nakagami ke-18 (46 poin).

Kembalinya Marquez di lintasan juga tentu memberikan semangat baru bagi Honda, terlebih lagi pada dua seri terakhir The Baby Alien mendapatkan hasil yang positif yakni finis di posisi keempat pada MotoGP Thailand dan menempati posisi kelima di Grand Prix Thailand.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Marc Marquez Ungkap Penyebab Honda Melempem di MotoGP", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/10/10/154100015/marc-marquez-ungkap-penyebab-honda-melempem-di-motogp.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm