Ilustrasi ruang tamu dengan nuansa hijau zamrud (SHUTTERSTOCK/PHOTOGRAPHEE.EU)
Ilustrasi ruang tamu dengan nuansa hijau zamrud (SHUTTERSTOCK/PHOTOGRAPHEE.EU) ( KOMPAS.COM)

Tips Memilih Warna Cat untuk Setiap Ruangan Berdasarkan Feng Shui

13 Oktober 2022 17:36 WIB

SONORABANGKA.ID - Melakukan Memilih warna cat untuk ruangan bukan keputusan mudah. Sebab, warna dalam ruangan tak cuma soal estetika, namun juga mempengaruhi suasana hati pemiliknya.

Laura Benko, ahli feng shui holistik, penulis The Holistic Home: Feng Shui Your Mind, Body, Spirit, Space, mengatakan warna berdampak besar dalam feng shui karena memiliki nada getaran tertentu serta chi mengambil dan mendistribusikan kembali ke lingkungan. 

"Pilihan warna yang benar atau salah dapat berdampak luar biasa pada kondisi pikiran Anda dan seberapa seimbang perasaan," katanya dilansir dari House Beautiful, Kamis (13/10/2022). 

Benko mengatakan hal pertama yang harus dipertimbangkan sebelum membuat pilihan warna adalah siapa yang menggunakan ruangan tersebut.

Misalnya, bila mendekorasi kamar tidur bayi, dinding merah tidak kondusif untuk bayi tidur nyenyak. Sementara itu, di ruangan yang aktif, Benko menyarankan menggunakan warna api.

"Ruang aktif seperti ruang makan dan ruang olahraga mendapat lebih banyak manfaat dari warna merah, oranye, dan kuning," ujar Benko.

Selain itu, warna-warna ini juga terlalu kuat untuk digunakan di seluruh ruangan. Karena itu,  Elena Frampton, desainer interior yang berbasis di New York, Amerika Serikat, menyarankan foyer atau area pintu masuk dan lorong sebagai tempat sempurna untuk mencoba warna kuat ini.

"Sebuah lorong harus memiliki energi yang dinamis karena area ini banyak gerakan. Jadi, ekspresikan itu dengan warna yang dinamis," ujar Frampton. 

Tapi, hindari memilih warna merah untuk mendapat keberuntungan. "Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan orang adalah memilih merah karena dianggap sebagai warna keberuntungan dan dapat menangkal kejahatan," kata Benko. 

Bila Anda benci merah, namun mengecat pintu depan dengan warna itu karena berpikir memiliki feng shui yang bagus, itu akan menciptakan arus frustrasi dan ketidakbahagiaan setiap kali  Anda masuk dan keluar dari rumah serta bukan feng shui yang baik.  

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm