Menteri Keuangan Sri Mulyani
Menteri Keuangan Sri Mulyani ( DOKUMENTASI KEMENKEU)

Sri Mulyani Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Kuartal III-2022 Capai 5,5 Persen

21 Oktober 2022 16:36 WIB

SonoraBangka.ID - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memproyeksikan ekonomi kuartal III-2022 mampu tumbuh mencapai 5,5 persen (year on year/yoy). Proyeksi ini lebih tinggi dari realisasi pertumbuhan ekonomi kuartal I-202 sebesar 5,01 persen (yoy) dan kuartal II-2022 sebesar 5,44 persen (yoy).

"Pertumbuhan ekonomi kuartal III masih akan tumbuh sangat kuat di area di atas 5,5 persen (yoy), perkiraan dari Kementerian Keuangan," ujarnya dalam konferensi pers APBN KiTa, Jumat (21/10/2022).

Menurutnya, optimisme itu dukung beberapa indikator dini yang masih terjaga dan ekspansif. Seperti mobilitas masyarakat yang berada di atas level pandemi meskipun sedikit melambat pada bulan Oktober, indeks penjualan ritel yang masih cukup kuat, dan belanja masyarakat yang masih terus terjaga.

Kemudian, ditopang pula oleh kinerja PMI manufaktur Indonesia yang terus mengalami ekspansi selama 13 bulan berturut-turut atau masuk zona ekspansif. Begitu pula dengan konsumsi listrik untuk sektor industri dan bisnis yang mengalami pertumbuhan positif masing masing 8,1 persen (yoy) dan 17,3 persen (yoy).

"Dari sisi manufaktur kami lihat industri pengolahan kapasitas produksi juga alami kenaikan. Ini semua menggambarkan pertumbuhan ekonomi kuartal III mungkin masih sangat kuat, meski kami melakukan kenaikan harga BBM tetapi tidak pengaruhi pertumbuhan yang masih relatif terjaga," papar Sri Mulyani.

Adapun dengan kondisi pertumbuhan ekonomi yang terus terjaga di kisaran 5 persen, ia memperkirakan, pertumbuhan ekonomi nasional sepanjang tahun ini bisa mencapai kisaran 5 persen-5,3 persen (yoy).

Bendahara negara itu pun menekankan, pertumbuhan ekonomi yang relatif baik ini akan menjadi bekal untuk menghadapi tantangan global di tahun depan. Sebab, meski kinerja ekonomi Indonesia terjaga, namun kondisi gejolak ekonomi global masih kuat dan perlu diwaspadai.

"Tahun 2023 harus diwaspadai karena gelombang pelemahan ekonomi dunia dan ketidakpastian global, serta kecednerungan suku bunga naik akan mempengaruhi berbagai indiaktor dan faktor pedorong pertumbuhan ekonomi. Jadi harus sangat hati-hati meski saat ini momentum pertumbuhan ekonomi masih sangat sehat dan kuat," tutup dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sri Mulyani Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Kuartal III-2022 Capai 5,5 Persen", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2022/10/21/160000026/sri-mulyani-proyeksi-pertumbuhan-ekonomi-kuartal-iii-2022-capai-5-5-persen.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm