Ilustrasi rem tangan manual(Dok. Autoindustriya.com)
Ilustrasi rem tangan manual(Dok. Autoindustriya.com) ( KOMPAS.COM)

Rem Tangan Macet Setelah Mobil Diparkir Lama, Begini Cara Atasinya

23 Oktober 2022 16:08 WIB

SONORABANGKA.ID - Bagian Rem tangan mobil di aktifkan untuk menahan mobil agar tak meluncur ketika parkir.

Banyak anggapan bahwa mengaktifkan rem tangan dalam waktu lama berdampak buruk, rem bisa macet.

Seperti diketahui, rem tangan mobil mekanisme kerjanya memanfaatkan kampas rem tromol belakang untuk mengunci roda.

Rem yang basah, kinerja kampas jadi macet karena lengket dan berkarat. Biasanya, hal itu dialami setelah mobil di cuci atau menerjang genangan banjir.

"Macetnya mendadak, jadi begitu hand brake dilepas dan awalan jalan mobil tidak bisa gerak. Karat dan korosi membuat kampas rem terkunci," kata Bambang Sri Haryanto Kepala Bengkel Nasmoco Majapahit Semarang kepada Kompas.com, Minggu (23/10/2022). 

Untuk itu, kalau parkir dalam waktu lama, Bambang mengingatkan, sebaiknya rem tangan dibebaskan. Alternatif lain, sebelum di parkir mobil bisa diajak jalan maju mundur dengan tujuan mengeringkan tromol.

"Maju, mundur, sambil di rem perlahan. Itu untuk mengeringkan kampas rem yang basah agar tidak berkarat," katanya.

Hal serupa dikatakan Kempes Pemilik Bengkel Anugrah Abadi Karangawen. Menurut dia, aturan parkir yang benar menghindari kampas rem saling bergesekan di dalam rumah tromol, caranya adalah melepas rem tangan, roda bisa bergerak bebas.

"Rem tangan dilepas, ban belakang diganjal agar tidak terjadi hal-hal yang tak di inginkan. Untuk mobil matik transmisi di posisikan 'P', pengereman roda mengandalkan transmisi. Tapi, kalau mobil manual gigi transmisi netral (N)," ucap Kempes.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Rem Tangan Macet Usai Mobil Diparkir Lama, Begini Cara Atasinya", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/10/23/090100515/rem-tangan-macet-usai-mobil-diparkir-lama-begini-cara-atasinya.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm