Ilustrasi dapur dengan nuansa warna merah. (SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIO)
Ilustrasi dapur dengan nuansa warna merah. (SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIO) ( KOMPAS.COM)

5 Warna Cat yang Dianggap Dapat Menyebabkan Kecemasan

4 November 2022 22:35 WIB

SONORABANGKA.ID - Memang Sebagian besar orang sering memilih ide warna cat berdasarkan preferensi pribadi, namun penting juga mempertimbangkan warna yang dapat mempengaruhi emosi Anda.

Warna adalah alat kuat dan proaktif serta sering dianggap remeh ketika memikirkan kesehatan serta kesejahteraan. 

Saturasi warna tertentu secara langsung memiliki kekuatan untuk mempengaruhi perilaku manusia, baik itu secara positif maupun negatif.

Seniman pablo Picasso mengatakan warna, seperti fitur, dapat mengikuti perubahan emosi.  Psikolog warna juga menemukan bahwa warna sedih tertentu dapat berengaruh besar pada suasana hati, persepsi, bahkan tindakan seseorang.

Mendekorasi ruangan dengan warna-warna yang memicu kecemasan dapat mengubah fisiologi dan keseimbangan hormon. 

Karen Haller, spesialis psikologi dan penulis buku terlaris The Little Book of Color, mengatakan warna yang dapat menyebabkan kecemasan biasanya adalah warna yang sangat jenuh, serta warna yang dalam, intens, dan cerah.

Dilansir dari Homes and Gardens, Jumat (4/11/2022), berikut beberapa warna cat yang dianggap dapat menimbulkan kecemasan di dalam ruangan.    

Merah

Merah adalah warna kontroversial dan dianggap sebagai warna paling menegangkan dalam desain interior.

Karen menjelaskan, merah bukan warna yang sangat tenang karena berkaitan perilaku fisik, sering membuat orang merasa kewalahan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm