Ilustrasi naik motor saat hujan
Ilustrasi naik motor saat hujan ( Foto: GridOto.com )

Tips Aman Naik Motor Saat Hujan dengan Melakukan Teknik Berkendara Ini

5 November 2022 13:34 WIB

SonoraBangka.id - Saat ini hujan deras mulai sering terjadi di sebagian wilayah Indonesia. Bahkan, kondisi ini sampai mengakibatkan banjir di beberapa titik.

Tak sedikit juga pengendara motor yang jadi terpaksa harus menerjang hujan dan banjir untuk sampai ke tempat tujuan.

Padahal, langkah tersebut berpotensi membuat motor mogok, bahkan membahayakan pengendara. Tapi, gimana? Kan enggak mungkin tidak pulang? 

Berikut ini Sony Susmana, Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), memberikan tips yang bisa dilakukan pengendara motor saat terjebak hujan dan banjir. Apa saja?

1. Pakai Jas Hujan Setelan

Sebaiknya Sahabat NOVA memilih jas model jas hujan setelan celana dan baju. Hindari menggunakan jas hujan model ponco, pasalnya meskipun terlihat lebih praktis, jas hujan model ponco ini sangat rawan tersangkut di rantai atau roda sepeda motor.

2. Berteduh

Pada saat hujan, visibilitas kita maupun pengguna jalan yang lainnya akan menurun. Saat hujan tidak terlalu deras dan jarak pandang tidak terganggu kita bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan jas hujan.

Tapi, dalam kondisi hujan yang deras apalagi sudah disertai angin, bahkan jalan yang akan dilewati sudah tergenang air alias banjir sebaiknya kita berhenti dan berteduh sejenak.

“Banyak pemotor ini yang berpikir tanggung, jangan pernah memaksakan diri dengan mengabaikan bahaya yang tidak pernah kita duga,” kata Sony.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm